Langkah Tepat Untuk Merawat CD Anda

Merawat CD - Mengingat flash disk dan memori PC memiliki keterbatasan, menyimpan data di dalam Compact Disc (CD) menjadi suatu keharusan, terutama jika data tersebut bersifat penting. Apalagi sekeping cakram ini mampu menyimpan data dalam kapasitas yang lebih besar dan praktis digunakan. Namun,menjengkelkan rasanya, jika saat dibutuhkan, CD tidak mau membaca data yang tersimpan. Apakah hal ini pun kerap terjadi pada Anda?

Penyebab utama hal tersebut adalah adanya goresan pada CD akibat penyimpanan yang tidak benar. Antara lain karena tidak disimpan dalam wadah yang tepat, baik handcase maupun softcase, sehingga CD mudah tergores akibat sentuhan dengan benda yang lain maupun debu. Oleh karena itu, hindari menumpuk CD dalam keadaan terbuka agar data atau musik kesayangan Anda yang tersimpan di dalam keping cakram ini bisa terus digunakan.
Untuk mengatahui ada-tidaknya goresan bisa dengan melihatnya di bawah cahaya yang terang. Akan lebih baik jika Anda menyempatkan waktu untuk membersihkan CD secara berkala. Caranya, peganglah CD di bagian ujungnya dan bersihkan dengan bantuan cairan pembersih khusus CD. Setelah itu, gunakan kain bersih yang lembut atau kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata untuk mengeringkan dan pastikan tidak ada lagi sisa pembersih pada seluruh bagian CD. Lakukan dengan hati-hati agar tidak membuat goresan baru. Caranya dengan membuat gerakan dari bagian dalam ke bagian luar secara vertikal, bukan mengikuti gerakan lingkaran CD. Setelah bersih,umumnya CD bisa kembali bekerja dan data yang tersimpan pun bisa dibaca.
Satu hal yang perlu diingat, hindari menggunakan bahan-bahan bersifat keras, seperti alkohol, untuk membersihkan CD karena hal tersebut justru dapat merusak CD. Setelah dibersihkan, simpan kembali di wadah yang tertutup dan pastikan berada di tempat yang kering, tidak lembab ataupun terkena sinar matahari langsung. Setelah itu, urutkanlah CD berdasarkan kategori tertentu untuk memudahkan Anda mencari CD yang dibutuhkan.

1 Response to "Langkah Tepat Untuk Merawat CD Anda"

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.