Hati-hati Dengan Foto Profil Anda di Facebook

Maman Malmsteen 21.47.00

Ada sebuah tren baru dari perusahaan-perusahaan multinasional untuk meneliti calon karyawan/karyawati dari profil mereka di Facebook atau Twitter. Pengusaha / perusahaan ingin melihat profil digital untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepribadian calon karyawan/karyawati. Profil di Facebook semakin terlihat sebagai perpanjangan dari kehidupan nyata identitas seseorang, bukan sebagai forum pribadi untuk posting foto-foto sensual dan video sex.

Sebuah survei yang dilakukan Career Builder menunjukkan 37% pengusaha meneliti melalui media sosial (Facebook & Twitter) untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari calon karyawan/karyawati mereka, sering memutuskan kesesuaian mereka bahkan sebelum wawancara diadakan karena mereka sudah mengetahui lebih dulu lewat profil di media sosial.Survei lain menunjukkan 75% dari pengusaha / perusahaan memeriksa profil Facebook calon karyawan sebelum diterima jadi pekerja untuk mengetahui karakter kandidat.

Khusus untuk perempuan, ada dua hal yang menyebabkan Anda ditolak bekerja setelah pihak perusahaan / pengusaha melakukan survei lewat Facebook : karena foto profil Anda sensual (memakai bikini, hot, mengumbar aurat, porno) dan suka minum-minuman keras plus obat-obatan. Ingat, Facebook itu bukan ruang publik yang bisa menjangkau dan dijangkau oleh seluruh lapisan orang di dunia ini. Jadi buatlah profil (terutama foto) yang etis supaya pihak pengusaha / perusahaan tertarik dan merekrut Anda sebagai karyawan/karyawati.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon