Siasat Menyantap Hidangan Lebaran

Hidangan Lebaran menjadi makanan yang dinanti-nanti. Enak dan nikmat. Sayangnya, di balik kenikmatan, terselip kandungan kalori dan lemak cukup tinggi. Kalau tidak waspada, pasca Lebaran, berat badan, kadar kolesterol, dan gula darah ikut meningkat.

Berikut ini tips untuk menyantap hidangan Lebaran tanpa banyak menambah kalori.
  • Nikmati beberapa jenis hidangan dengan porsi kecil.
  • Pilih hidangan yang tidak padat lemak, protein, maupun karbohidrat.
  • Hindari aneka kue dan minuman manis.
  • Lebih baik pilih jus buah asli, air putih, teh tawar, es lemon teh, ketimbang cendol, minuman ringan berkarbonasi, dan es doger.
  • Kalau pun ingin minum teh, sebaiknya tidak menambahkan gula. Bila ingin mendapatkan rasa manis, siasati saja dengan membubuhkan kayu manis.
  • Pasien penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, dan lainnya, jangan lupa tetap mengkonsumsi obat. Asupan makanan juga harus diperhatikan dengan baik. Penderita hipertensi sebaiknya tetap mengurangi makanan tinggi garam. Begitu juga dengan mereka yang berkadar kolesterol tinggi, agar membatasi konsumsi makanan tinggi lemak.
Previous
Next Post »

1 Response to "Siasat Menyantap Hidangan Lebaran"

  1. iya gan kalo gak hati hati... pasti berakibat patal misalnya akan mudah terserang penyakit diare.. karena perut akan kaget..

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon