Blaise Pascal (1623 - 1662)

Blaise Pascal lahir pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Auvergne, Perancis. Pascal merupakan anak ketiga dari keluarga Étienne Pascal. Ayahnya memiliki cara mendidik yang unik. Ayahnya memutuskan untuk tidak mengajari ilmu matematika sebelum Pascal berusia 15 tahun. Semua buku matematika dijauhkan dari rumah.

Pascal mempelajari matematika secara diam-diam. Ketika masih berusia 12 tahun, dia telah melakukan observasi geometri. Pascal dapat membuktikan jumlah sudut geometri segitiga adalah 180°. Ayahnya kagum dengan hasil karya Pascal sehingga memutuskan untuk memberikan sebuah buku Matematika dan menyekolahkan Pascal.

Semasa hidupnya, Pascal telah menghasilkan banyak karya ilmiah di bidang Matematika dan Fisika. Salah satu karya Pascal adalah kalkulator mekanik yang menjadi cikal-bakal mesin hitung modern. Meskipun Pascal bukan orang pertama yang menemukan kalkulator mekanik, namun sumbangannya terhadap kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi telah diakui seluruh dunia.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment