iklan space 728x90px

Cara Menghilangkan Tato

Pengen bikin tato? Mending pikir-pikir dulu.  Bukan sok ngelarang atau nakut-nakutin.  Soalnya, menurut survey di Amrik sono yang industri extreme fashion-nya maju banget (lebih dari  4.000 toko artis tato tersebar di seantero negeri), sebanyak 50 persen dari 10 juta pemilik ekspresi seni kuno ini minta dihapus.  Yap.  Banyak banget orang yang nyesel setelah dewasa punya tato di bagian tubuhnya.

Tren menggambar kulit di tubuh ini emang muncul sebagai tren fashion.  Biasanya selain ikut tren, orang yang membuat tato di badan punya alasan personal.  Nah, seringnya alasan personal itu nggak berlaku lagi di masa depan dan mereka berniat membuangnya.

Secara definisi, tato adalah tanda atau desain permanen yang dibuat di bagian badan ketika pigmen dimasukkan ke lapisan luar kulit melalui penusukan di bagian atas kulit.  Kini para artis tato menggunakan mesin yang bekerja dengan jarum yang masuk ke dalam kulit turun naik.

Karena sifatnya permanen, gambar di kulit nggak bisa dihilangkan dengan sempurna.  Meski begitu, beberapa ahli ada yang memberi garansi bisa menghilangkan secara sempurna.  Ada beberapa cara yang katanya efektif.  Tapi semuanya juga tergantung variasi warna, ukuran, lokasi, kemampuan self healing seseorang, gimana cara membuatnya dan udah berapa lama dibuat.

Sebelum penggunaan LASER populer, untuk menghilangkan tato dipakai beberapa cara tradisional.  Biasanya pasien bakal kesakitan dan di badannya akan meninggalkan bekas mirip luka.  Cara-cara itu antara lain :
  • Dermabrasion, kulit dilapisi sejenis cairan kemudian diangkat kulit bagian luar dan tengah.
  • Cryosurgery, kulit dikompres es sampai membeku kemudian dilepas atau dikuliti.
  • Excision, ahli kulit akan menguliti kulit dan kemudian dijahit (untuk gambar besar, kulit dari bagian tubuh lain juga bisa dipakai untuk menutupi bekas luka).
Meski tiga cara itu masih dipakai, teknologi LASER lebih populer dan jadi cara standar untuk menghilangkan tato karena nggak menimbulkan darah, berisiko kecil, efektif dengan efek samping kecil.

Ada tiga jenis LASER yang dikembangkan yang dikenal sebagai Q Switching, yang menggunakan LASER bergelombang pendek, dan pulsa energinya tinggi.  Q Switching terdiri dari :
  • Q Switched Ruby,
  • Q Switched Alexandrite,
  • Q Switched Nd : YAG, sistem paling baru dalam LASER kelas ini dan sangat ampuh menghilangkan tinta warna merah, biru dan hitam.
Lantas gimana juga LASER bekerja?  LASER bekerja dengan memproduksi getaran/pu;se pendek dengan sinar yang intens yang melewati kulit bagian atas tanpa melukai dan secara selektif menyerap tinta.  Energi LASER ini menyebabkan pigmen tato menjadi bagian yang lebih kecil (sampai jadi partikel) yang akhirnya bisa dihilangkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Teknologi ini semakin efektif setelah para ahli berhasil menentukan panjang gelombang cahaya untuk digunakan dan cara menghasilkan output LASER yang paling baik untuk menghilangkan tato.

Susah kan menghilangkan tato.  Masih tertarik buat bikin????
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Tato"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News