iklan space 728x90px

Kiat-Kiat Mengurangi Konsumi Gula

Gula dikatakan menjadi salah satu yang menjadi awal sebuah penyakit, misalnya kolesterol dan penyakit gula lain. Karena itu mengurangi konsumsi gula mestinya menjadi bagian dari gaya hidup Anda demi hidup sehat. Bukan hal yang mudah, namun tetap bisa dilakukan secara bertahap. Berikut ini, beberapa cara kecil mengurangi gula, namun bisa saja efeknya besar.
Mengurangi gula tambahan. Hal yang tentu menjadi caranya adalah mengurangi konsumsi gula tambahan, misalnya dalam minuman. Kalau misalnya selama ini kita menambahkan 2 sampai 3 sendok teh gula ke dalam minuman the atauk kopi misalnya, kita harus mencoba mengurangi hingga hanya 1 sendok teh saja. Hal kecil semacam ini jika dilakukan berulang tentu akan bermafaat besar.
Minumlah air putih. Nah, jika anda sering meminum minuman manis, mulailah menggantinya dengan air putih. Hal ini tentu lebih bermanfaat dari sekadar mengurangi gula tambahan. Mungkin saja minuman manis akan terasa lebih enak, namun minuman manis tentu mengandung gula denga jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, minum air putih juga akan menambah metabolism tubuh kita.
Perbanyak makan buah. Nah, buah-buahan menjadi makanan yang seharusnya lebih dipilih. Hal ini karena buah, memiliki rasa manis yang alami tanpa gula tambahan. Bandingkan dengan kue cokelat, kue tart yang jelas menggunakan gula produksi sehingga lebih membahayakan.
Periksa gula tersembunyi. Dalam mengurangi konsumsi gula, Anda juga harus memperhatian produk-produk makanan yang ternyata berpotensi menjadi sumber gula Anda karena mengandung banyak gula. Makanan seperti roti, selai, kecap, dan saus tomat mungkin tidak terlihat seperti makanan dengan kandungan gula yang banyak. Oleh karena itulah, mengecek keterangan nutrisi setiap produk adalah satu hal yang wajib dilakukan sehingga anda bisa memilih produk yang gulanya sedikit.
Perbanyak jalan. Cara lain yang dapat mengurangi konsumsi gula adalah dengan memperbanyak berjalan atau berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah berolahraga, manusia akan kehilangan rasa ingin makan makanan manis. Hal yang cukup mudah untuk menghilangkan hasrat makan manis bukan. Bahkan keuntungannnya akan berlipat. [ Sumber ]
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kiat-Kiat Mengurangi Konsumi Gula"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News