iklan space 728x90px

Manfaat dan Khasiat Tebu Bagi Kesehatan

Tebu atau sugar cane adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tebu merupakan jenis tanaman rumput-rumputan.

Selain sebagai bahan baku gula, tebu juga mempunyai beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat tebu:
1. Mencegah Stroke
Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.
2. Menguatkan Gusi dan Gigi
Cairan yang ada di buah tebu dapat membuat gusi dan juga gigi anda menjadi kuat, caranya dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampir air jeruk nipis dan juga garam.
3. Mengatasi Mimisan
Potonglah bagian tebu yang paling ujung setelah itu rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.
4. Mengatasi Masuk Angin
Ambil sekitar tiga helai daun tebu, rebuslah hingga mendidih dan minumlah apabila anda rebusan tersebut sudah mendingin, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.
5. Melawan Kanker Payudara
Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.
6. Baik Untuk Penderita Diabetes
Tebu juga sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Air sari tebu bisa menjadi alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Manfaat jus tebu juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.
7. Menyembuhkan Pilek dan Sakit Tenggorokan

Jika ka Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu.

#Dikutip dari berbagai sumber
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News