Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Menopause

Menopause adalah akhir dari siklus bulanan yang dialami wanita pada usia antara 45-55 tahun. Ini adalah suatu kondisi di mana hormon estrogen dan progesteron lambat diproduksi dan organ reproduksi wanita berhenti berfungsi. Ketika seorang wanita mencapai masa menopause, ia akan melalui perubahan hormonal tertentu seperti perubahan mood, penurunan libido atau gairah seksual, kelelahan, insomnia, sakit kepala, dan kram.

Menopause sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, infeksi vagina, kanker payudara dan kenaikan berat badan, perubahan suasana hati dan hormonal yang dapat memiliki efek merugikan pada kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat menopause, seperti dilansir Boldsky.

1. Susu

Susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang bermanfaat bagi para wanita.

2. Gandum

Gandum murni tidak hanya kaya serat, tetapi juga dapat menyembuhkan sembelit. Makanan ini dapat dicerna dengan mudah dan rendah kalori, sehingga Anda tidak perlu takut menambah berat badan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat kaya akan asam folat, vitamin B6 dan kalsium. Selain meringankan gejala menopause, kacang-kacangan juga dapat mendorong sistem reproduksi yang sehat selama usia haid.

4. Kedelai

Produk kedelai mengandung fitoestrogen yang meningkatkan gejala menopause. Meski demikian, kedelai dapat mengatasi masalah hot flashes atau sensasi terbakar.

5. Sayuran

Sayuran seperti lobak, brokoli, bayam, sawi, kangkung, peterseli, dandelion, wortel, dapat menekan gejala menopause.

6. Buah-buahan segar

Mereka tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga sangat bergizi karena sebagian besar buah mengandung vitamin, protein, mineral, dan antioksidan.

7. Lemak sehat

Lemak sehat dapat meningkatkan penyerapan vitamin dan aman untuk kesehatan jantung. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan canola atau minyak zaitun.

8. Cranberries

Cranberries tidak hanya membantu penurunan berat badan, tetapi juga melindungi tubuh dari penyakit seperti kanker dan serangan jantung.

Inilah delapan makanan sehat yang baik dikonsumsi saat menopause. Selain mengontrol asupan makanan, wanita yang mengalami menopause juga membutuhkan dukungan dari pasangan karena sering dikaitkan dengan perubahan suasana hati yang tidak menentu. [ Sumber ]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment