Tips Menentukan Lokasi Usaha

Tak dipungkiri faktor lokasi memang berpengaruh terhadap kemajuan suatu usaha. Jika salah memilih lokasi, bisa-bisa usaha yang Anda bangun menjadi sukar berkembang. Bisnis yang berbasin online memang populer akhir-akhir ini. Namun, bisnis atau bidang usaha yang berbasis jasa seperti bengkel atau rumah makan tetap saja membutuhkan ruang usaha untuk menggerakkan roda ekonominya.

Untuk itu, berikut ini adalah sejumlah pertimbangan dalam menentukan lokasi usaha :
  • Pertama, target konsumen. Lokasi usaha yang baik adalah mudah dijangkau oleh konsumen yang menjadi target pemasaran usaha. Sebagai contoh, jika membuka toko yang menjual bahan makanan atau toko kelontong, pastikan lokasi yang Anda pilih berdekatan dengan perumahan. Demikian pula halnya jika Anda membuka usaha fotokopi. Ada baiknya lokasi tersebut berdekatan dengan kompleks sekolah atau kampus.
  • Kedua, akses. Lokasi yang mudah diakses, baik dengan kendaraan pribadi  seperti sepeda motor atau mobil maupun dengan kendaraan umum akan lebih menguntungkan. Lokasi di sisi jalan yang cukup ramai bisa menjadi pilihan. Namun, lokasi yang mudah dijangkau ini juga berbanding lurus dengan harga sewa. Jadi, semakin mudah diakses suatu lokasi usaha, biaya sewa yang dikeluarkan juga semakin tinggi. Sisi baiknya, pemasaran produk akan jauh lebih mudah karena bisa menjangkau lebih banyak orang.
  • Ketiga, persaingan. Anda perlu mengetahui karakter di sekitar lingkungan usaha Anda. Misalnya, jika hendak membuka usaha jasa laundry, pastikan di sekitar Anda juga tak ada usaha sejenis. Persaingan memang bagus untuk peningkatan kualitas produk dan layanan. Di sisi lain, persaingan yang terlalu ketat dengan konsumen yang terbatas justru dapat mematikan usaha atau usaha susah berkembang.
  • Keempat, kelengkapan fasilitas. Jika menyewa lokasi untuk membuka usaha, pastikan Anda mencermati besaran daya listrik yang tersedia, jalur telepon, dan ketersediaan air. Cermati pula ada tidaknya area parkir untuk pengunjung/pembeli di lokasi usaha Anda. Faktor keamanan juga berpengaruh pada laju suatu usaha. Konsumen akan merasa lebih nyaman melakukan transaksi di tempat yang aman dan nyaman.
  • Kelima, tampilan luar. Istilah don't judge book by its cover bisa jadi tak berlaku jika Anda menerapkannya di tempat usaha. Alasannya sederhana, faktor tampilan lokasi usaha sangat berpengaruh pada daya tarik konsumen. Konsumen akan lebih menyukai tempat usaha yang bersih, rapi, terang, dan memiliki tampilan yang menarik daripada lokasi yang suram, terkesan kusam, dan kotor.
  • Terakhir adalah faktor harga. Semakin baik suatu lokasi usaha, harga sewanya pun semakin tinggi. Terkecuali Anda memiliki tempat usaha tanpa menyewa, hal tersebut tidak menjadi masalah. Jika Anda belum mampu menyewa lokasi usaha yang harga tawar tinggi, carilah yang lebih terjangkau, tetapi memiliki nilai lebih yang bisa menguntungkan perkembangan usaha Anda. Setelah usaha semakin berkembang, Anda pun bisa mencari lokasi yang lebih strategis dan menguntungkan.
Demikianlah, ada enam pertimbangan dalam menentukan lokasi usaha bagi usaha Anda yang akan dan sedang dijalani. Selamat mencoba/
Previous
Next Post »

1 Response to "Tips Menentukan Lokasi Usaha"

  1. Setuju ! sekedar share, dua tahun lalu saya berdagang di Grand Cakung Jakarta Timur, lokasi menurut saya lebih dari cukup strategis, karena tergiur harga sewa yang murah sekali, kenyataannya tidak ada pengunjung, pemasukan tidak sesuai dengan pengeluaran, pedagang tidak pernah ada yang awet/silih berganti, bukan karena berkompetisi dengan pedagang lain, tetapi karena tidak adanya traffic pengunjung.

    ReplyDelete

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon