Tips Merawat Area Feminin Tetap Nyaman Dan Segar

Jendela Informasi - Belum banyak wanita yang peduli menjaga kesehatan area feminin. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik, bisa muncul berbagai penyakit organ produksi yang berbahaya.

Ada banyak cara untuk merawat dan menjaga kebersihan di area feminin, meski area feminin punya mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri, melalui cairan yang diproduksinya setiap hari. Namun Anda juga perlu tetap memperhatikan hal-hal berikut agar tetap terjaga kebersihannya dan tehindar dari infeksi jamur, keputihan, bakteri, dan gangguan lainnya.

Bersihkan Setelah Buang Air Besar Dan Kecil
Bersihkan area feminin sehabis buang air besar dan kecil. Caranya, siram air dari arah area feminin ke anus. Jangan lakukan sebaliknya, karena Anda akan memindahkan kuman dari anus ke area feminin. Sesudah dibersihkan, langsung keringkan dengan handuk lembut. Kondisi yang lembab akan menyebabkan jamur berkembang biak.

Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan
Untuk menjaga kebersihan, penting untuk mengganti celana dalam, minimal 2 kali sehari. Jangan menggunakan baju dalam yang sama dari pagi sampai sore. Pilih celana dalam katun atau kaus, karena menyerap keringat dengan baik. Bila sedang haid, ganti pembalut secara teratur, yaitu 4 hingga 6 kali sehari dan setelah buang air kecil dan besar. Jika daerah haid Anda sedang banyak-banyaknya, ganti pembalut setiap 2 jam. Saat haid, kuman mudah masuk dan dapat menyebabkan penyakit pada saluran reproduksi.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Area Kewanitaan
Anda harus menggunakan sabun khusus dengan pH seimbang untuk mencuci area kewanitaan, karena pH (tingkat keasaman) Miss V normal antara 3,8 - 4,2 yaitu cenderung asam. Jika kondisi Miss V terlalu asam (pH lebih dari 4,8) akan tumbuh bakteri penyebab infeksi. Nah, jika menggunakan sabun biasa yang bersifat basa dapat mengakibatkan keseimbangan area kewanitaan Anda terganggu. Produk cairan pembersih dengan kandungan pH 3 - 4 ini mampu menjaga keseimbangan area feminin secara alami.

Hindari Penggunaan Antiseptik Untuk Area Kewanitaan
Terdapat beberapa produk yang mengandung antiseptik untuk membersihkan area kewanitaan. Hal ini kurang dibenarkan penggunaannya, karena penggunaan antiseptik dapat membunuh seluruh bakteri alami yang sebenarnya bertugas melindungi area kewanitaan Anda secara alami.

Adapun beberapa komponen alami yang sangat bermanfaat untuk area feminin Anda, diantaranya :
  • Lactoserum & Lactic Acid, berfungsi meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menekan bakteri jahat, serta mengurangi keputihan.
  • Extract Charmomile yang memberikan rasa nyaman dan segar pada area kewanitaan.
  • Pro Vitamin B5 berfungsi sebagai anti iritasi, mengurangi gatal, dan membuatnya lebih kesat.
  • Bunga Ambrossia dapat memberi sensasi harum yang aman untuk area kewanitaan.
Semoga tips di atas menjadi solusi yang nyaman dalam mengatasi masalah kesehatan di sekitar area kewanitaan/feminin Anda. [Bintang/April/2013]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment