Agar Hasil Cucian Pakaian Bersih Maksimal

Mencuci baju bukan perkara yang sulit.  Kehadiran mesin cuci seakan memudahkan semuanya.  Ibaratnya, dengan menekan tombol saja semua cucian Anda bisa bersih.  Namun, ternyata tidak semudah itu mencuci dengan mesin cuci.


Beberapa kali ada kasus mengenai kerusakan pakaian akibat mesin cuci.  Karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar hasil cucian tetap bersih, tetapi kualitas pakaian tetap terjaga.
  • Pisahkan Pakaian Anda
Biasakan untuk selalu memisahkan pakaian yang berwarna gelap dan yang terang.  Termasuk bahan yang lembut dengan bahan yang kasar.  Jangan lupa untuk tidak mencampur pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa.  Hal ini karena semuanya memiliki cara pencucian tersendiri.  Misalnya, bahan berwarna gelap bisa melunturi pakaian yang berwarna terang, pakaian berbahan kasar harus direndam dan butuh waktu pencucian yang lebih lama dari pada yang lembut.
  • Membalikkan Pakaian Bagian Luar Menghadap Ke Dalam
Cara ini berguna agar warna bagian luar tidak bergesekan dengan pakaian lainnya yang bisa membuat warnanya memudar.  Luruskan gulungan kaus kaki, lengan baju, dan kerah agar kotoran bisa terlepas saat dicuci.  Kosongkan kantung kemeja dan celana, tutup ritsleting, kancing, dan pengait celana untuk mencegah pakaian lain tersangkut dana sobek.
  • Jangan Mengisi Penuh Mesin Cuci
Setiap mesin cuci memiliki kapasitas maksimum pencucian.  Ada baiknya mengurangi satu ukuran di bawah ketentuan maksimum.  Misalnya, maksimum kapasitas adalah 7 kilogram, Anda bisa memasukkannya sebanyak 6 kilogram.  Hal ini agar motor mesin cuci tidak bekerja terlalu keras dan bisa "mengucek" pakaian lebih optimal.  Hal ini juga untuk menghindari kerusakan pakaian karena gesekan.
  • Lakukan Pengaturan Cucian Sesuai Bahan Pakaian
Pengaturan regular dapat digunakan untuk pakaian yang berbahan katun, sedangkan untuk bahan yang ringan dan longgar seperti sutra bisa dipilih menu "Soft".  Hal ini untuk menjaga hasil dan kualitas pakaian Anda.
  • Hemat Air
Umumnya, membilas pakaian selalu dilakukan berkali-kali.  Tentu saja ini tidak ramah lingkungan.  Gunakan mesin cuci yang memiliki teknologi Eco Bubble dimana deterjen bisa terlarut sempurna dalam bentuk busa.  Hal ini menghindarkan deterjen menempel di pakaian terlalu pekat dan kegiatan membilas menjadi berkali-kali dilakukan.
  • Rawat Mesin Cuci Anda
Setelah dipakai mencuci, mesin cuci jangan langsung ditutup.  Biarkan terbuka sejenak untuk mengurangi kelembaban di ruang cuciannya.  Bersihkan juga kain penyaringnya agar tidak menyimpan bulu-bulu halus dari pakaian.  Keringkan bagian luar mesin cuci dengan menggunakan lap kering, terutama pada panelnya, untuk mencegah karat dan lebih tahan lama.  Lakukan juga servis berkala untuk memastikan semua fungsi mesin cuci tetap terawat.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment