iklan space 728x90px

Waspadai Sakit Mata Yang Anda Derita

Mata menjadi organ vital yang harus dijaga kesehatannya.  Karena gangguan mata banyak jenisnya, baik yang menyerang bagian kornea, selaput pelanngi, pupil, lensa, retina ataupun saraf.  Bila bagian-bagian mata ini tidak berfungsi dengan baik, tentu akan mengganggu aktivitas.

Maka tidak berlebihan bila dokter menganjurkan agar kita selalu waspada terhadap berbagai penyakit mata.  Di dunia kedokteran ada beberapa kelainan atau penyakit mata, diantaranya kongenital.  Gangguan ini muncul sejak bayi lahir karena beberapa alasan, seperti keturunan.  Bisa juga karena infeksi, metabolisme, diabetes, trauma (benturan), atau reaksi obat.

Maka pada masa kehamilan, dianjurkan ibu hamil menjaga kesehatan diri dan janinnya karena bila gangguan ini terjadi sulit diatasi.

Kelainan pada mata bisa pula disebabkan karena infeksi.  Penyebabnya bisa bakteri, virus, jamur, atau parasit lain seperti cacing dan amuba.  Gangguan mata biasa karena peradangan.  Gejala yang timbul berupa mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol, serta penderita mengalami demam.

Yang perlu diwaspadai adalah kebiasaan minum minuman keras.  Sebab minuman yang mengandung alkohol akan menjadi toksin (racun) yang bisa menyababkan syaraf mati dan berujung pada kebutaan.

Persoalan lain adalah alergi.  Gangguan ini bisa terjadi karena mata terkena debu, embusan angin, atau lainnya.  Gangguan ini lebih mudah diatasi.  Meski demikian, sebaiknya kita tetap berkonsultasi dengan dokter agar mata tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Waspadai Sakit Mata Yang Anda Derita"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News