7 Jurus Usir Selulit

Bagi banyak wanita, selulit merupakan musuh utama.  Kehadiran selulit jelas mengurangi keindahan kulit hingga tak sedap dipandang.  Umumnya selulit terbentuk di paha, bokong, dan perut karena memang ketiga area inilah yang berpotensi menumpuk lemak akibat minimnya gerak.  Memang sih penumpukan lemak ini juga dipicu oleh hormon, pengaruh gaya hidup, dan metabolisme.

Selulit juga kerap dialami wanita hamil karena adanya perubahan signifikan kadar hormonal.  Akibatnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak lemak, disamping cenderung menyimpan air.  Selulit sendiri adalah penumpukan sel-sel lemak secara berlebihan pada jaringan kulit.  Akhirnya selulit membuat permukaan kulit jadi tampak tidak rata alias bergelombang seperti kulit jeruk.

Untuk mengetahui adanya selulit sebetulnya tak sulit kok.  Caranya? Menggunakan jari-jari tangan, tekanlah kulit paha atau pinggul Anda.  Bila terlihat garis atau guratan-guratan putih mirip kulit jeruk, itulah yang dinamakan selulit.

Ada 7 jurus jitu yang dapat dicoba untuk mengusir selulit.  Lakukan semua jurus tersebut secara terpadu agar hasilnya optimal.
  1. Rajin Berolahraga.   Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang tersumbat sekaligus membakar lemak penyebab selulit.  Lakukan olahraga secara teratur 3-5 kali seminggu, masing-masing selama 20-40 menit.  Pilihlah jenis olahraga yang dapat membakar lemak, seperti jalan cepat, joging, renang, bersepeda, tenis, badminton, atau lari.  Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter.  Hasilnya? Otot-otot jadi kencang hingga tubuh jadi sehat dan bugar.
  2. Mengatur Pola Makan.  Jika tidak ingin kedatangan selulit, usahakan jangan kelebihan berat badan.  Hindari makanan yang mengandung banyak gula,berlemak maupun makanan olahan.  Kandungan nutrisi jenis-jenis makanan ini relatif sedikit, tapi amat berpeluang menambah berat badan.
  3. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur.  Kurang mengkonsumsi buah dan sayur segar membuat keseimbangan sodium/potasium terganggu.  Ketidakseimbangan inilah yang ikut memicu timbulnya selulit.  Jadi, konsumsilah setidaknya 5 porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.
  4. Usir Lemak Dan Toksin Dengan Cara Alami.  Minumlah segelas air hangat berisi perasan/potongan jeruk lemon segar saat bangun pagi.  Ini merupakan cara yang baik dan sederhana untuk mengeluarkan racun dan lemak tubuh.  Mengkonsumsi bawang bombai dan bawang putih juga dipercaya mampu membuang lemak dan toksin dari tubuh.
  5. Lakukan Pemijatan.  Lewat pemijatan di titik-titik yang tepat diharapkan aliran darah kembali lancar hingga lemak-lemak yang menumpuk bisa luruh.  Pemijatan dapat dilakukan sambil mengoelskan krem penghilang selulit.  Sesekali kombinasikan minyak aromaterapi yang dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah.  Caranya, campur dua tetes minyak rosemary dan dua tetes minyak fennel/adas ke dalam tiga sendok teh minyak kedelai.  Rosemary diyakini mampu memperbaiki sirkulasi darah, sementara adas berkhasiat menghilangkan racun.  Lulurkan minyak campuran ini ke bagian-bagian tubuh yang gampang dihinggapi selulit, setidaknya lima menit setiap hari.
  6. Menyikat Tubuh.  Menyikat tubuh dapat meningkatkan sirkulasi darah.  Gunakan sikat tubuh lembut saat kulit basah ataupun kering.  Sikat bagian tubuh yang kerap ditumbuhi selulit.  Gunakan gerakan lurus mengarah ke jantung.  Lakukan setiap hari minimal 5 menit.
  7. Banyak Minum Air Putih.  Air dapat membersihkan sistem pencernaan sekaligus mengikis racun dari sel-sel tubuh.  Amat disarankan untuk memperoleh cairan paling sedikit dua liter setiap hari.  Mengurangi konsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol dapat membantu mencegah timbulnya selulit.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment