Bugar Saat Puasa

Maman Malmsteen 21.59.00
Puasa lemas? Duh niat puasa nggak sih?

Nih, ada tips oke supaya kamu tetap bugar saat puasa.  Simak ya!
  1. Menu sahur yang sehat.  Prinsipnya, makanan sehat adalah yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.  Pilih karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi merah, roti gandum, bubur kacang hijau dengan gula merah, jangan dengan gula pasir.
  2. Kalau nggak sempat makan sahur, minum susu rendah lemak yang tinggi kalsium dan protein.  Jenis susu ini membantu memberi gizi lengkap untuk tubuh meski dalam jumlah sedikit.
  3. Banyak menghirup udara bersih supaya pembersihan sel dan jaringan tubuh saat puasa lebih maksimal.
  4. Hindari sinar matahari yang berlebihan supaya nggak dehidrasi.
  5. Mandi dua kali sehari.
  6. Hindari olahraga yang berat dan banyak melakukan kontak fisik.
  7. Aerobik menjelang berbuka selama 15-20 menit di minggu pertama puasa.
  8. Minum air putih ketika waktu buka puasa tiba.
  9. Usahakan jangan minum atau makan kudapan manis dulu karena bisa membebani sistem endokrin tubuh.  Gula sederhana dalam minuman dan makanan kecil bisa bikin kadar gula mendadak tinggi.
  10. Buat gantinya, makan karbohidrat kompleks seperti kurma dan madu yang tidak menyebabkan peninggian kadar gula mendadak.
  11. Jaga supaya olahraga tidak terlalu berat.  Ingat loh, tujuan olahraga di bulan puasa untuk menjaga kesehatan, bukan untuk memecahkan rekor.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »