Tetap Tampil Cantik Meski Sedang Puasa

Puasa tentu bukan alasan bagi seorang perempuan menjadi tampil loyo, tidak segar, dan tidak bergairah.  Artinya, puasa jangan dijadikan alasan dan dianggap biang keladi seseorang tidak produktif, tidak bugar, dan tidak cantik.

Karena sebetulnya berdasarkan pendapat sejumlah ahli kesehatan, puasa justru memberikan manfaat bagi yang menjalankannya, sebut saja seseorang secara teratur bisa memiliki imunitas tubuh yang oke.

Saat berpuasa, konsumsi kita terhadap cairan mungkin berkurang.  Jika dalam hari-hari biasa kita sering minum, makan buah-buahan, serta makanan mengandung air lainnya, di bulan Puasa hal itu hanya bisa dilakukan saat sahur, buka puasa hingga menjelang sahur keesokan harinya.  Berkurangnya cairan ini bisa berakibat pada berkurangnya kelembutan kulit, termasuk kulit wajah, juga memungkinkan bibir pecah-pecah.

Tetapi jangan khawatir, hal itu bisa sedikit diatasi dengan menjalani tips berikut ini :
  • Agar Anda tetap cantik dan bugar saat puasa, sebaiknya selain mengkonsumsi lebih banyak air (saat sahur dan berbuka puasa) serta food suplement, juga biasakan mengkonsumsi Vitamin A dan C untuk menjaga kehalusan kulit.  Vitamin itu bisa menjaga kulit tetap kenyal dan elastis sepanjang hari.
  • Biasakanlah untuk mengoleskan hand and body lotion sesering mungkin untuk mencegah kekeringan kulit.  Lakukan pula bodyscrub satu kalii dalam sebulan.
  • Olah raga tetap dilakukan agar sirkulasi darah lancar dan metabolisme kulit tetap aktif.
  • Khusus untuk wajah, gunakan pelembab yang lebih banyak dari biasanya.  Biasakan untuk lebih sering membersihkan wajah.  Facial pun sangat bermanfaat untuk membersihkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati.  Hati-hati jika ada jerawat, jangan dipencet!
  • Bila perlu dan dananya ada, Anda bisa juga mencoba terapi oksigen (facial dengan menggunakan oksigen).  Perawatan ini cukup dilakukan satu kali seminggu selama 4 hingga 5 minggu berturut-turut.  Kemudian berhenti selama 4-5 bulan sebelum memulainya kembali.
  • Bibir pun perlu perawatan.  Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengolesi bibir dengan lips conditioning agar bibir tidak pecah-pecah.
  • Jangan lupakan mahkota Anda! Pasalnya, kondisi rambut dan kulit kepala erat hubungannya dengan pola makan.  Ada diantara orang berpuasa seolah berketombe walaupun sebelumnya tidak pernah.  Untuk itu lakukan creambath, oil treatment, hair spa.
  • Ada baiknya Anda juga menggunakan masker lilin (parafin) pada tangan.
  • Demikian juga dengan kulit kaki.  Lakukan peeling pada tumit kemudian bubuhkan krim khusus untuk kaki.  Kaki juga memerlukan masker lilin.  Ada baiknya menggosok kaki Anda dengan garam-garam mineral atau batu apung untuk mengelupas sel-sel mati yang kasar.
Selamat merawat diri dan menjalani ibadah puasa!