10 Kelebihan Yang Dimiliki OS Android

Smartphone Android terus mendapatkan perbaikan sistem operasi oleh Google. Terakhir OS yang dibenamkan di perangkat Android adalah Jelly Bean. Jelly Bean merupakan nama lain dari sistem operasi Android 4.1 dan merupakan penerus dari Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich). Jelly Bean mulai diperkenalkan di acara Google I/O Conference pada 28 Juni tahun 2012 lalu.

Data dari Google sendiri menyebutkan bahwa Android versi 4.1 dan 4.2 alias Jelly Bean, kini menjadi sistem operasi Android yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini dibuktikan melalui statistik pemakai Android yang diperbaharui Google pada 8 Juli 2013 di situs resmi pengembang aplikasi. Data-data tersebut dilacak Google dari kunjungan pengguna Android ke Google Play Store. Jelly Bean kini menguasai pangsa pasar Android sebesar 37.9 persen.

Wajar jika pengguna Android Jelly Bean terus melonjak. Banyak kelebihan yang dimiliki versi terakhir OS Android ini. Beberapa kelebihannya sebagai berikut ;

1. Full Chrome Browser

Menjelajah internet lewat tablet atau smartphone dengan pengalaman mirip browser Chrome di komputer.

2. Sistem Keamanan

Jelly Bean punya teknologi untuk meningkatkan sisi keamanan dalam sistem memori. Caranya dengan mengatur secara random posisi dari data kunci yang terdapat di dalam RAM.

3. Matikan Notifikasi

Terganggu dengan notifikasi atau pemberitahuan update sebuah aplikasi? Di Jelly Bean, notifikasi dapat dimatikan langsung tanpa harus lewat proses uninstall.

4. Keyboard Virtual

Keyboard virtualnya diperbaharui dan tentu lebih baik sehingga memudahkan proses penulisan. Pengaturannya juga lebih lengkap.

5. Screen Capture

Tampilan layar yang sedang tampil bisa disimpan, lalu bisa diedit, dibagikan lewat email dan sebagainya.

6. Smart Widget

Saat widget akan ditambahkan ke halaman utama, maka widget lain akan otomatis akan segera bergeser, untuk memberi ruang pada widget terbaru.

7. OS Lebih Gesit

Kinerja Jelly Bean terasa lebih ringan saat mengakses aplikasi di dalam ponsel, termasuk multitasking.

8. Kamera dan Galeri

Masih mirip kamera ICS, namun kamera Jelly Bean bisa melihat foto dan menghapusnya dengan cepat bila hasil jepretan kamera tidak disukai.

9. Google Assistant

Ingin mengirim SMS, e-mail, menelepon dan fitur lainnya? Pakai saja fitur perintah suara ini.

10. Notifications

Pemberitahuan saat ada SMS atau e-mail masuk, lalu menampilkan pilihan Quick Reply. MAka pengguna bisa menjawab pesan langsung tanpa perlu masuk dulu ke menu pesan. Pengguna juga bisa langsung menelepon saat menerima e-mail masuk.