BlackBerry Q5

Setelah BlackBerry Z10 dan Q10,  kini giliran BlackBerry Q5 menjejali pasar smartphone tanah air. Hanya saja smartphone berpapan QWERTY ini baru meluncur lewat jalur distributor.  Adapun untuk yang bergaransi resmi belum ada kabar pasti kapan bakal dirilis.

BlackBerry Q5 bisa dibilang sebagai versi terjangkau BlackBerry Q10. Seperti halnya Q10,  Q5 juga mengadopsi OS BlackBerry 10. Form factor desainnya juga sama, tapi tentunya ada beberapa pemangkasan. BlacBerry Q5 tampil lebih fresh dengan desain casing yeng lebih simpel dan warna warni. Dikabarkan ada tiga pilihan warna.

Pada sistem antarmuka, layar berukuran 3,1 inci menggunakan kaca jenis IPS LCD dengan resolusi 720 x 720 pixel.  Untuk kinerja tampaknya tidak bakal ada masalah.  Sebab Q5 sudah ditopang oleh prosesor dual core 1,2 GHz RAM berkapasitas 2GB.  Berikut ini spesfikasi lain dari BlackBerry Q5.

GSM, HSDPA, dual kamera (5MP & 2MP), video recorder full HD 720@30fps, memori internal 8 GB   microSD, Bluetooth v4.0, micro USB, audio jack 3,5 mm, baterai Li ion 2180 mAh.

Nah, mending beli Q5 sekarang dengan garansi distributor atau menunggu yang resmi? Well, Q5 bergaransi resmi tampaknya akan dirilis dalam waktu dekat. Sebab pengalaman selama ini biasanya versi resmi tak lama menyusul setelah garansi distributor tersedia di pasar. Sementara itu di Malaysia, BlackBerry Q5 sudah diumumkan pada 15 Juli kemarin. Harganya? Di Malaysia Q5 dibanderol RM 1.299 atau sekitar 4 juta rupiah. [ Sumber : Kitab Gadget ]