Nokia Lumia 720, Smartphone Tipis Andalkan Navigasi

Sejauh ini popularitas ponsel berbasis Windows Phone di Tanah Air memang kalah bersaing dengan Android bahkan BlackBerry.  Namun keadaan tersebut tidak membuat Nokia yang notabene masih setia memproduksi handphone pintar ber-OS Windows Phone berhenti mengembangkan produk dengan platform buatan Microsoft tersebut. Hadirnya Nokia Lumia 720 menjadi bukti bahwa vendor asal Finlandia itu makin getol meluncurkan smartphone dengan OS Windows Phone.

Setelah pertama kali diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2013, akhirnya tepat di akhir April 2013 lalu Nokia Lumia 720 resmi edar di pasaran.  Berikut data spesifikasi dan fitur yang terbenam dalam Nokia Lumia 720.

Spesifikasi 
Tipe : Bar touchscreen
Dimensi/Berat : 127.9 x  67.5 x 9 mm / 128 gram
Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna, 4.3 inci
Sistem Operasi : Windows Phone 8
Jaringan : 3G, HSDPA, 850/900/1900/2100
Fitur Unggulan : CPU Dualcore 1GHz, GPU Adreno 305, Memori Internal 8GB, Memori eksternal hingga 64GB, Kamera 6.7MP, WiFi, Pemutar Musik, Video Recorder, Here Maps, Here Transit, Here Drive +, City Lens, carl Zeiss Optics, Corning Gorilla Glass 2, ClearBlack Display.
Baterai : 2000 mAh

Fitur & Aplikasi
  • Layar                 
Nokia Lumia 720 didukung dengan layar IPS LCD berukuran 4.3 inci yang telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 2 yang dapat melindungi bagian layar smartphone dari goresan dan tekanan yang dapat merusak layar.  Selain itu disematkan pula dengan fitur khas dari Nokia yaitu ClearBlack display.  Tampilan UI yang atraktif, simple, modern, serta cukup mudah digunakan menambah sensasi tersendiri saat mengeksplorasi ponsel ini.
  • Navigasi
Sistem navigasi menjadi salah satu nilai jual dari produk Nokia.  Seperti ditunjukkan dari fitur Here Maps, Here Transit, Here Drive+, dan City Lens. Dari beberapa menu tersebut, Here Maps adalah inti dari semua layanan lokasi dari Nokia.  Here Maps memiliki data peta lebih dari 190 negara dalam 50 bahasa dan navigasi di lebih dari 110 negara.  Tampilan antarmukanya tak beda jauh dengan layanan peta lainnya dengan menu-menu yang dibuat khas Windows Phone.  Antarmuka 3D-nya semakin bagus memperlihatkan bentuk gedung seperti aslinya.
  • Here Drive+ & Here Transit
Banyak fitur navigasi lain yang layak dimaksimalkan pengguna Lumia 720.  Untuk Here Drive+ menyediakan informasi peta secara umum, aplikasi ini dikhususkan untuk memberi panduan navigasi saat kita ingin menuju ke lokasi tertentu.  Sementara itu, Here Transit adalah aplikasi yang menyediakan informasi naik kendaraan umum dari berbagai jenis moda.  Saat ini Here Transit sudah bisa digunakan di 670 kota dan 50 negara.
  • Kamera
Dukungan kamera beroptik Carl Zeiss sangat membantu ponsel ini dalam menghasilkan foto yang berkualitas.  Menu-menu yang melengkapi kamera mencakup touch focus, landscape orientation, manual exposure, auto/manual white balance, foto editor, backside iluminated sensor, macro, dan panorama.  Bicara tentang rekam video, bisa merekam hingga kemampuan HD (High Definition) 1280 x 720 pixel dengan kecepatan 30 fps.  Selama perekaman juga dapat melakukan zoom hingga 4x pembesaran.
  • Port & Slot
Tubuh Lumia 720 tipis membuat user diberi kemudahan saat mengganti SIM card dan MicroSD.  Kita tidak perlu membuka tutup bagian belakang smartphone untuk berganti SIM card dan MicroSD karena Nokia menyediakan fitur Easy Swap.  SIM card yang digunakan tipe micro, slotnya sendiri berada pada bagian atas, bersebelahan dengan audio jack 3.5 mm.  Sedangkan slot MicroSD berada di sisi kiri.
  • People Hub
People Hub terintegrasi dengan berbagai layanan seperti Windows Live, Outlook, Google, Facebook, Twitter, Linkedin, dan sebagainya.  Dari satu kontak, pengguna bisa menelepon, mengirim SMS, e-mail, sekaligus melihat foto-foto, menulis di dinding Facebook, termasuk melakukan panggilan video melalui Skype.  Selain itu ada fitur baru yakni Rooms dimana memungkinkan kita berinteraksi dengan grup yang disusun di People Hub.

Untuk pengguna profesional, Nokia Lumia 720 memberi aplikasi Office Mobile yang lengkap.  Aplikasi ini sangat powerfull karena dibuat oleh Microsoft yang juga dikenal membuat aplikasi serupa untuk komputer desktop.  Pengguna bisa membuka, mengedit, dan membuat file baru.  Format yang didukung adalah Word, Excell, dan Power Point.  Juga ada Not yang berfungsi seperti Notepad di komputer.