IBX59ED8B2FED208 Tips Lengkap Memilih Messenger - Jendela Informasi

Tips Lengkap Memilih Messenger

Jejaring sosial dan messenger memang dua hal yang berbeda.  Diferensiasinya terletak pada fungsi utamanya.  Tetapi keduanya memiliki kemiripan dan kesamaan.  Facebook, Twitter, dan Google+ merupakan situs jejaring sosial.  Sementara Line, KakaoTalk, BBM, WeChat, dan WhatsApp merupakan messenger.

Terkadang kita menggunakan jejaring sosial untuk menghubungi seseorang.  Kecuali, WhatsApp dan BBM, kini KakaoTalk, Line dan WeChat menghadirkan fitur baru seperti situs-situs jejaring sosial.  Di sana kita dapat memperbaharui status hingga sharing foto.

Walhasil, diantara keduanya (jejaring sosial dan messenger), kini sudah tidak ada lagi sekat perbedaan. Seiring berkembangnya teknologi, messenger-an memiliki fitur serupa bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi.  Hal inilah yang menjadi utama kenapa messenger begitu cepat berkembang. Lihat saja, BBM dengan 60 juta pengguna, Line 150 juta , WhatsApp 200 juta dan bahkan WeChat 300 juta pengguna.

Kecuali BBM, semuanya sudah multiplatform.  Mungkin inilah yang menjadi alasan kenapa BBM tidak lagi eksklusif.  Perusahaan seperti naver, Kako dan WeChat mampu beriklan sendiri di media-media tanah air.  Dengan layanan messenger free dan aplikasi tanpa iklan, Line, Kakao dan WeChat mampu meraup keuntungan milyaran.

Aplikasi messenger sudah bukan hal baru lagi bagi kita. Dulu kita berkomunikasi lewat SMS atau telepon, tapi sekarang zamannya sudah berubah. SMS yang dulunya favorit sekarang malah sudah berganti dan berpindah ke layanan chat internet atau lebih dikenal dengan messenger. Banyak hal yang menyebabkan messenger lebih favorit dibanding layanan SMS, selain karena faktor biaya, faktor fitur juga termasuk di dalamnya. Saat, ini ada banyak messenger yang siap untuk digunakan, tapi pertanyaannya, manakah messenger yang terbaik dipakai?

Tips Memilih Messenger
Berikut saya sajikan tips memilih messenger beserta penjelasannya.
  • Banyak anggota atau pemakai
Salah satu yang membuat BalckBerry laris dan laku di Indonesia adalah karena fitur BBM nya. Ya, banyak dari orang membeli smartphone BB hanya karena BBM nya. Sebenarnya apa kelebihannya? Memang benar fiur kemanan dari BBM patut diacungi jempol, tapi masalahnya bukan di sana. Hal yang membuat BBM laris adalah karena banyaknya anggota atau pemakai yang menggunakan BBM ini. Jadi kesimpulanya, pilihlah aplikasi messenger yang paling banyak orang memakainya.
  • Pilihlah messenger yang men-support banyak OS
Sebenarnya hal ini mungkin tidak semua dari kita yang menyukai atau menyetujui pendapat ini. Tapi jika kita mau atau menggunakan messenger ini untuk kebutuhan maka tak ada salahnya hal ini layak diperhatikan, sebab makin banyak OS yang didukung maka semakin banyak pula orang memakainya.
  • Cari yang mempunyai banyak fitur
Sejatinya, makin banyak fitur yang dipunya oleh sebuah messenger maka semakin baik messenger tersebut, setujukah Anda? Kadang banyak dari kita menginginkan banyak fitur di messenger tersebut, memang standarnya messenger yang ada saat ini sudah mendukung chat, emotion, send multimedia, dll. Tapi hanya sedikit messenger yang mempunyai fitur lebih.
  • Paling ringan, cepat dan stabil
Saat ini messenger bagus sudah banyak bertebaran dan siap dipakai, mempunyai fitur oke dan tampilan bagus. Sayang banyak dari messenger tersebut belum stabil dan cepat dalam pengiriman. Kestabilan dan kecepatan dalam messenger tersebut memang banyak hal penyebabnya, selain dari faktor jaringan, faktor server juga sangat mempengaruhi termasuk juga faktor dari software itu sendiri.

 Kelebihan dan Kekurangan Messenger
  • WhatsApp Messenger
Kelebihan :Cepat, ringan, stabil, support banyak OS, dan pengguna terbanyak.
Kekurangan : Tidak mempunyai ID/PIN (hanya menggunakan nomor telepon), trial (tidak free selamanya).
  • KakaoTalk
Kelebihan : Cepat, stabil, support banyak OS, emoticon bagus dan lucu.  Ada fitur nelepon free, punya ID/PIN (termasuk nomor telepon), grup tanpa batas.
Kekurangan : Belum banyak pengguna (khusus Indonesia), belum support OS Symbian.
  • Line
Kelebihan : Cantik, stiker bagus, free call, support banyak OS, lumayan banyak pemakai, grup bisa banyak, fitru ID/PIN dan nomor handphone.
  • Catfiz
Kelebihan : Buatan Indonesia (dalam negeri).  Ada fitur berbagi filr/data, banyak pengguna Android memakai ini, grup bisa menampung banyak orang.
Kekurangan : Userinterface belum smooth, belum terlalu stabil.
  • Kik Messenger
Kelebihan : Ringan, cepat, stabil, mempunyai fitur berbagi data/file, support banyak OS.
Kekurangan : Grup hanya menampung sampai 30 orang.  Belum mempunyai banyak pengguna.
  • ChatOn
Kelebihan : Didukung oleh brand besar (Samsung).  Ada fitur berbagi file doc dan pdf, emoticon dan stiker bagus-bagus.
Kekurangan : Agak berat, belum terlalu stabil.