IBX59ED8B2FED208 7 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih MPV - Jendela Informasi

7 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih MPV


MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah jenis kendaraan yang sangat populer di Indonesia.  Bahkan menurut Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), MPV mendominasi penjualan mobil nasional.  Permintaan konsumen terhadap MPV pun cenderung stabil meskipun beberpa pabrikan menawarkan produk-produk crossover.

MPV mungkin tidak memiliki tampilan seindah sedan, namun barangkali ini merupakan kendaraan yang paling serba guna.  Berikut ini adalah tujuh tips yang diharapkan bisa membantu Anda dalam menentukan MPV yang cocok dengan keluarga Anda.
  • Ruang Bagasi
Periksa apakah MPV Anda memiliki dek rata ketika jok belakang dilipat.  Perhatikan juga tempat penyimpanan di dalam kabin, untuk barang-barang seperti mainan anak dan minuman.

Jika butuh ruang bagasi lebih luas, pilih mobil yang dilengkapi dengan roof roil sebagai standar, biasanya Anda bisa menambah barang bawaan hingga 100 kg di dalam roof top box.
  • Pintu dan Akses
Hal lain yang menjadi nilai tambah pada sebuah MPV adalah pintu geser.  Pintu seperti ini sangat menguntungkan ketika Anda parkir di lahan yang sempit.  Pada beberapa MPV tujuh penumpang, akses masuk ke jok paling belakang biasanya cukup sulit.  Pilihlah mobil yang akses jok belakangnya paling mudah.
  • Tempat Duduk
Jok belakang yang bisa digeser adalah keuntungan.  Anda bisa memundurkannya untuk membuat ruang kaki menjadi lebih lega atau memajukannya untuk memperbesar ruang bagasi.  Pada beberapa mobil, sandaran jok belakang bisa sedikit direbahkan.

Memiliki tiga baris jok penumpang bisa sangat bermanfaat, terutama jika semuanya bisa dilipat.
  • Tempat Duduk Anak-anak
Jika Anda memiliki tiga orang anak yang semuanya harus menggunakan jok khusus anak-anak, MPV mungkin merupakan satu-satunya opsi untuk bepergian bersama keluarga dengan aman dan nyaman karena banyak mobil konvensional tidak bisa mengakomodasi tiga jok anak-anak yang ditempatkan sejajar.  Pada MPV tujuh penumpang, periksa juga jok paling belakang, tidak semua bisa mengakomodasi jok anak-anak.

  • Kapasitas Penumpang
Beberapa orang beranggapan bahwa sebuah MPV harus bisa memuat tujuh penumpang.  Tentu saja dengan tujuh kursi penumpang, Anda menjadi lebih leluasa.  Namun pastikan seberapa sering Anda harus bepergian dengan enam orang sekaligus.  Jika jawabannya sangat jarang, Anda berpotensi menghemat uang dengan memilih MPV lima penumpang.
  • Ukuran
MPV tersedia dalam tiga kategori ukuran: Small, Medium dan Large.  Small MPV tidak hanya untuk membawa orang, umumnya mampu memuat lima penumpang, tapi juga menawarkan ruang kabin yang bisa disesuaikan.

Medium MPV memiliki ruang lebih lega untuk barang bawaan dan biasanya bisa memuat tujuh penumpang, jarak antar sumbu rodanya pun lebih panjang.

Large MPV adalah model yang paling tidak populer karena ukurannya yang terlalu besar serta harga dan biaya operassionalnya yang cenderung mahal.  Namun untuk kapasitas maksimum dan opsi transportasi tujuh penumpang beserta barang bawaannya masing-masing, Anda tidak akan bisa mengalahkan MPV berukuran besar.
  • Perlengkapan Tambahan
Ada banyak opsi ramah keluarga untuk MPV Anda.  Misalnya, soket listrik 12 volt untuk men-charge peralatan elektronik, sistem navigasi, pemutar DVD, dan konsol game handheld.  Bagaimana dengan kursi putar sehingga penumpang bisa saling berhadapan?

AC adalah suatu keharusan karena berhubungan erat dengan kenyamanan sekaligus berfungsi untuk menghilangkan kabut dari kaca ketika cuaca hujan.

0 Response to "7 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih MPV"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.