iklan space 728x90px

Kenapa Cewek Lebih Cengeng Dari Cowok? Inilah Jawabannya!

Cewek emang terkenal gampang tersentuh perasaannya sama hal-hal kecil, dan biasanya ditunjukkan dengan mudahnya menitikkan air mata.  Oleh karena itu cewek sering dianggap lemah dan cowok yang mudah menangis bakal dibilang 'kayak cewek'.  Padahal faktanya bukan soal perasaan, tapi karena hormon yang ada pada cewek.

Cowok juga memiliki hormon ini, hanya saja tertolong oleh hormon testoteron mereka.  Begitu pula dengan cewek yang punya hormon testoteron sedikit lebih tinggi dari kebanyakan cewek, dia bakal cenderung susah untuk menangis.  Seperti diberitakan di DailyMail, Prof. Ad Vingerhoets, seorang psikolog yang mengepalai riset tentang menangis di University of Tilburg, Belanda.

Hasil risetnya menunjukkan bahwa cowok dan cewek sebenarnya sama-sama mudah menangis, hanya saja untuk dua hal berbeda.  Cowok cenderung menangis di saat-saat positif, sedangkan cewek di saat-saat negatif.  Hanya satu momen yang membuat mereka kompak untuk menangis, yaitu saat berduka dan kehilangan.

Hormon yang mempengaruhi hal ini adalah prolactin yang muncul sebelum dan selama seseorang menangis.  Prolactin juga meningkatkan rasa putus asa seseorang ketika dia menangis.  Hormon ini juga meningkat di masa-masa kehamilan serta tetap ada hingga beberapa minggu setelah melahirkan, salah satunya menyebabkan baby blue pada para ibu baru.

Pada cowok, hormon testoteron bisa menghambat keinginannya untuk menangis.  Tapi kadar hormon ini terus menurun seiring usia sehingga cowok akan semakin mudah menangis di usia lanjut.  Cewek juga memiliki hormon ini, tapi kadarnya tidak dominan.  Variasi kadar hormon testoteron menjelaskan mengapa satu kejadian bisa menyebabkan seorang cewek menangis, sementara temannya tidak.  Selain itu, menurut Prof. Vingerhoets, manusia mudah menangis atau tidak dipengaruhi oleh dua hal yaitu empati dan neurotisisme.  Semakin labil emosi seseorang, maka semakin sensitif dia terhadap perasaan orang lain sehingga akan lebih mudah menangis.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kenapa Cewek Lebih Cengeng Dari Cowok? Inilah Jawabannya!"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News