10 Cara Jitu Pilih Power Bank

Mengenali power bank berkualitas sekarang ini sulit sekali.  Pembeli terdesak oleh waktu ketika ingin mencoba, parahnya kadang sang penjual tidak mengizinkan barangnya dijajal untuk diotak-atik.



Puluhan merek power bank tiruan ada di depan kita sebagai pilihan.  Ingin terhindar dari bualan penjual nakal? Ini yang harus Anda lakukan saat ingin membelinya!
  • Kenali Merek Produsennya
Produsen yang bertanggung jawab biasanya menawarkan garansi sampai satu tahun atau minimal 6 bulan.  Selain itu pastikan service centernya tersebar di berbagai wilayah.
  • Kenali Produk
Setiap produk ternama punya ciri khas tersendiri, kenali itu! Biasanya ada di penulisan logo (tiruan mudah hilang atau tebal tipisnya cetakan huruf) dan tata letak port.
  • Terdapat Fitur Keamanan
Terdapat fitur keamanan.  Ketiga fitur ini memang sulit dibuktikan ketika membeli, harus dengan uji teknis.  Over change protection; pemutusan arus listrik secara otomatis jika pengisian sudah penuh.  Tanda petir di indikator pengisian pada ponselm akan hilang jika sudah penuh.

Short circuit protection; perlindungan akibat tegangan listrik (arus pendek) yang tidak stabil.  High temperature; mendeteksi panas yang berlebih ketika menyuplai daya ke gadget.
  • Kenali Kapasitas Power Bank
Misalnya Anda punya power bank 5000 mAh dan ponsel berkapasitas 2500 mAh.  Bukan berarti power bank Anda bisa melakukan pengisian dua kali dengan penuh.  Perlu diperhitungkan juga adanya lost power ketika pengisian baterai.  Paling tidak ya kedua kali akan mengisi sebanyak 70-80 persen.
  • Kenali Tegangan Output
Tegangan baiknya lebih besar atau sama dengan output yang tertera di baterai gadget Anda.  Umumnya tegangan yang diperlukan untuk pengisian perangkat adalah 5V DC.  Pada kabel power bank (konektor output) yang disertakan biasanya tertulis 1A (1 Ampere) dan 2A (2 Ampere).

Misalnya gadget Anda berkapasitas 1500 mAh dengan menggunakan colokan 1A, waktu yang diperlukan untuk pengisian sekitar 1,5 jam kalau memakai 2A hanya perlu 45 menit.  Hitungan ini tidak sepenuhnya benar karena tergantung dari input maksimal yang diijinkan ponsel.
  • Gunakan Kabel Data Asli Gadget
Kabel asli gadget Anda lebih baik kinerjanya atau stabil dalam mengalirkan arus listrik dibandingkan bawaan dari power bank.
  • Model dan Kualitas
Ragam bentuk yang banyak akan membuat Anda sulit memilih, namun sesuaikan bentuk dan ukuran yang mudah dibawa.  Jangan menilai kualitas dari kardus dan kata manis penjual.  Garansi dan merek serta service Center bisa menjadi petunjuk.
  • Kelengkapan Power bank
Cell baterai yang bagus biasanya menggunakan Japan Cell atau Samsung Cell.  Merek ternama biasanya sudah menggunakan cell baterai berkualitas milik mereka sendiri atau menggunakan dua cell di atas.
  • Cek Harga Pasaran
Sebelum membeli setidaknya mengetahui harga pasarannya untuk mengetahui selisih harganya.  Power bank berkualitas akan dijual lebih mahal.  Anda tentu sering menemukan dua merek yang sama namun harga berbeda, atau kapasitas sama harga berbeda.
  • UL Certification
Power bank berkualitass biasanya sudah lolos kelayakan standar kualitas power bank.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment