Air Terjun Berapi di California

Tiap penghujung musim dingin hingga awal musim semi, hal tidak biasa terjadi di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat.  Di sisi timur bukit bernama El Capitan, di balik celah batuan, akan tampak lidah api yang menjulur dari atas hingga bawah.  Meski begitu, fenomena yang tampak seperti lelehan lahar itu tidak membakar apapun.

Hal tersebut terjadi karena sesungguhnya lidah api itu air terjun musiman.  Air terjun yang selama dua minggu pada Februari itu tampak menyala karena bias cahaya matahari dan kondisi cuaca yang mendukung.

Selain terkenal dengan nama Horsetail Fall (Air Terjun Ekor Kuda), air terjun itu kerap disebut Firefall (Api Terjun).  Sebutan yang kedua ini sekaligus merupakan kenangan dari aksi bara terjun yang dibuat para pegawai taman nasional untuk menghibur para pengunjung.  Aksi terakhir dibuat pada 1968.

Horsetail Fall sebenarnya terbentuk daari dua sungai kecil yang mengalir bersisian.  Air terjun itu memiliki tinggi 620 meter dan sekaligus menjadi air terjun tertinggi di taman nasional tersebut.

Titik pandang terbaik untuk melihat fenomena langka Horsetail Fall ialah dari area piknik yang terdapat di sisi timur El Capitan.  Memasuki Februari, biasanya orang-orang dari berbagai daerah akan mulai berdatanagn ke taman nasional.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment