iklan space 728x90px

Air Terjun Berapi di California

Tiap penghujung musim dingin hingga awal musim semi, hal tidak biasa terjadi di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat.  Di sisi timur bukit bernama El Capitan, di balik celah batuan, akan tampak lidah api yang menjulur dari atas hingga bawah.  Meski begitu, fenomena yang tampak seperti lelehan lahar itu tidak membakar apapun.

Hal tersebut terjadi karena sesungguhnya lidah api itu air terjun musiman.  Air terjun yang selama dua minggu pada Februari itu tampak menyala karena bias cahaya matahari dan kondisi cuaca yang mendukung.

Selain terkenal dengan nama Horsetail Fall (Air Terjun Ekor Kuda), air terjun itu kerap disebut Firefall (Api Terjun).  Sebutan yang kedua ini sekaligus merupakan kenangan dari aksi bara terjun yang dibuat para pegawai taman nasional untuk menghibur para pengunjung.  Aksi terakhir dibuat pada 1968.

Horsetail Fall sebenarnya terbentuk daari dua sungai kecil yang mengalir bersisian.  Air terjun itu memiliki tinggi 620 meter dan sekaligus menjadi air terjun tertinggi di taman nasional tersebut.

Titik pandang terbaik untuk melihat fenomena langka Horsetail Fall ialah dari area piknik yang terdapat di sisi timur El Capitan.  Memasuki Februari, biasanya orang-orang dari berbagai daerah akan mulai berdatanagn ke taman nasional.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Berapi di California"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News