IBX59ED8B2FED208 Mengenal Teknologi Layar IPS (In Plane Switching) - Jendela Informasi

Mengenal Teknologi Layar IPS (In Plane Switching)

Tentu Anda pernah mendengar nama teknologi layar IPS yang kini marak dijadikan fitur andalan di beragam gadget, mulai dari televisi, monitor, ponsel pintar, laptop, hingga tablet PC.  Pengertian yang banyak beredar tentang layar IPS adalah kemampuannya dalam menampilkan gambar secara maksimal bahkan dapat dilihat dengan jelas dari berbagai sudut, termasuk dari samping.  Pengertian ini tidak salah karena hal tersebut merupakan salah satu keunggulan layar IPS.

Layar IPS (In Plane Switching) merupakan teknologi layar yang digunakan untuk layar LCD (Liquid Crystal Display).  Teknologi ini dibuat untuk menggantikan TN (Twisted Nematic) field effect matrix di layar LCD yang saat itu dianggap memiliki beberapa kelemahan, seperti kualitas warna yang rendah, keterbatasan sudut pandang dan waktu respon yang rendah.

Teknologi layar IPS mampu mengatur dan mengganti lapisan molekul kristal cair di antara permukaan kaca.  Lapisan molekul ini disusun secara paralel sehingga semua permukaan kaca terisi.  Teknologi layar IPS sendiri mulai berkembang pada awal tahun 1990, saat itu sejumlah organisasi dan perusahaan elektronik mengembangkan teknologi layar ini.  Salah satunya adalah Hitachi (Jepang) dan Merck KGaA (Jerman).

Berikut beberapa keunggulan layar IPS (In Plane Switching) :
  • Layar IPS konsisten dan akurat dalam menampilkan warna dari berbagai sudut pandang tanpa adanya efek buram.
  • Layar IPS tidak menampilkan efek-efek tertentu, seperti warna yang memudar saat disentuh.  Hal ini sangat penting bagi gadget yang hadir dengan fungsi layar sentuh.
  • Layar IPS dapat memproses sinyal kecepatan tinggi tanpa kehilangan data menggunakan kabel tembaga dengan tingkat resistansi (hambatan) yang rendah.
  • Layar IPS menampilkan gambar yang lebih jernih dan memiliki waktu respon yang lebih stabil.
Super PLS
Pada tahun 2012 lalu, Samsung mengenalkan teknologi Super PLS (Plane to Line Switching) yang diklaim sebagai penyempurna dari teknologi IPS konvensional.  Teknologi Super PLS sendiri menggantikan teknologi layar AMOLED yang dulu kerap digunakan Samsung dalam beragam perangkatnya.  Namun AMOLED ternyata kurang maksimal dalam mendukung fungsi resolusi full HD di perangkat mobile.  

Berikut sejumlah keunggulan Super PLS yang diklaim Samsung lebih baik ketimbang IPS :
  • Sudut pandang yang lebih luas.
  • Memiliki tingkat kecerahan (brightness) lebih tinggi.
  • Kualitas gambar yang lebih baik.
  • Panel yang lebih fleksibel sehingga dapat diterapkan di beragam perangkat.
  • Ongkos produksi lebih murah 15 persen ketimbang menggunakan teknologi IPS.

0 Response to "Mengenal Teknologi Layar IPS (In Plane Switching)"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.