Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Dari Laptop/Notebook

Jika Anda membeli sebuah laptop/notebook yang jelasnya dari brand/merk tertentu, pastinya terdapat aplikasi bawaan dari laptop tersebut atau istilahnya bloatware.  Aplikasi tersebut seringnya sudah terintgerasi dengan Windows sebagai sistem operasi sehingga susah untuk dihapus.

Sebenarnya aplikasi bawaan yang disertakan maksudnya baik, tetapi seringnya tidak digunakan.  Daripada memenuhi hard disk, hapus saja bloatware tersebut.  Untuk melakukannya Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga.  Salah satu yang dapat melakukannya adalah Decrap.  Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menghapus bloatware dari laptop dari berbagai brand.

Berikut cara menghapus aplikasi bawaan dari laptop/notebook :
  1. Akses alamat decrap.org, kemudian scroll halaman ke paling bawah.  Klik tombol "Download" untuk mendownload aplikasi.  Ukurannya adalah 5,36 MB.  Setelah itu instal aplikasi.
  2. Jalankan dan Decrap akan melakukan proses scanning pada laptop yang memerlukan beberapa waktu.  Dalan prosesnya, Decrap juga membuat beberapa backup dari file registry pada sistem sehingga Anda dapat mengembalikan sistem ke keadaan semula jiak terdapat masalah dalam proses penghapusan bloatware.  Anda juga dapat membuat sebuah restore point, jika ingin kembali ke titik tersebut.  Proses scanning memerlukan beberapa saat untuk selesai, dan Decrap secara otomatis akan restart setelah selesai.
  3. Decrap juga memberikan opsi bagi Anda untuk mengontrol beberapa parameter secara manual saat proses uninstal seperti konfirmasi pada setiap apklikasi dan registry yang akan dihapus.  Atau biarkan saja agar Decrap melakukannya secara otomatis.  Anda dapat memilih mode Automatic saat aplikasi berjalan pertama kali.  Sedangkan untuk mode manual, Decrap akan membawa Anda untuk melalui beberapa langkah dalam sebuah wizard.
  4. Pertama, pilih aplikasi apa saja yang ingin dihapus dari sistem.  Decrap akan menampilkan 4 kategori dari aplikasi, yakni Automatic starting software, Desktop items, Third party software, dan Windows related software.  Cukup centang aplikasi yang akan dihapus, lalu klik tombol "Next".
  5. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Decrap memiliki fasilitas untuk membuat System Restore Point sehingga Anda dapat secara mudah kemabli ke keadaan jika terjadi masalah.
  6. Langkah selanjutnya menanyakan Anda untuk memilih metode uninstal.  Terdapat 3 opsi di dalamnya.  Jika tidak ingin melakukan pengaturan lebih lanjut, pilih opsi Fully Automatic.  Setelah memilih, klik tombol "Next"  dan decrap akan mulai menghapus berbagai bloatware berikut registry yang mengikutinya.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment