IBX59ED8B2FED208 Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki - Jendela Informasi

Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki

Sumber Image : kanknkunk.blogspot.com
Berjalan kaki merupakan hal yang sederhana, mudah dilakukan, dan tanpa biaya.  Tetapi, sadar atau tidak, kita sering mengabaikannya karena tersedianya berbagai fasilitas.  Misalnya, naik sepeda motor sehingga malas berjalan kaki meski jarak tempuhnya dekat, atau memilih menggunakan lift atau eskalator daripada menggunakan tangga.

Terdapat sedikitnya tiga manfaat saat kita memilih untuk berjalan kaki.  Menjadi lebih irit, lebih mengenal lingkungan sekitar, dan yang pasti adalah membuat badan menjadi lebih sehat.

Aktivitas berjalan kaki yang sederhana itu memang manfaatnya sangat banyak.  Saat berjalan kaki, seluruh organ bekerja sesuai fungsinya dengan porsi yang cukup sehingga sangat baik bila dijadikan rutinitas harian.

Berjalan kaki semakin memancing fungsi kerja organ tubuh.  Sirkulasi darah lancar, kerja otot jantung baik, kekuatan otot tubuh bisa terjaga, sistem pencernaan baik, tulang menjadi kuat, kapasitas paru terjaga, menstabilkan gula darah, menurunkan lemak tubu, dan bila dilakukan dengan santai akan menimbulkan relaksasi.

Oleh karena itu, tidaklah heran bila berjalan kaki dikatakan bisa menghindarkan tubuh dari berbagai risiko penyakit.  Buktinya sudah bisa dilihat dari berbagai studi atau penelitian kesehatan.  Seperti studi terhadap 70.000 perawat yang dilakukan Harvard School of Public Health.  Para perawat itu berjalan kaki 20 jam dalam seminggu saat bekerja, terjadi penurunan risiko 2/3 dari kemungkinan terkena stroke.

Ada pula penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Disease.  Penelitian itu memperlihatkan hasil bahwa dengan membiasakan berjalan kaki dengan kecepatan 6 km/jam dan waktu tempuh 50 menit dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes tipe 2, terutama bagi yang bertubuh gemuk.

Manfaat yang juga penting adalah menekan risiko serangan jantung.  Obat jantung membutuhkan aliran darah yang deras dan lancar.  Dengan berjalan kaki, apalagi dengan gaya tergesa-gesa, aliran darah akan mengalir deras sehingga jantung  pun menerima oksigen yang cukup.

Olah raga berjalan kaki yang baik dilakukan 4-5 hari dalam seminggu selama 30-45 menit.  Porsi ini dapat berbeda, tergantung dengan kekuatan diri masing-masing.  Yang penting mengetahui kemampuan diri dan tidak memporsirnya.

Jadi, tak sulit untuk dapat hidup sehat karena kita hanya cukup berjalan kaki untuk berbagai aktivitas kita.  Yuk berjalan kaki!

0 Response to "Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.