Pemilu Cerdas Dengan Smartphone Android

Masih bingung mengenai hal yang berhubungan dengan Pemilu? Belum tahu siapa saja calon-calon peserta maupun partai Pemilu kali ini? Bagi pengguna Android, ada pilihan menarik, yaitu aplikasi PEMILU besutan Think World. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui seluk beluk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 yang diadakan pada 9 April untuk Pemilu Legislatif dan 9 Julii untuk Pemilu Presiden nanti.

Di dalam aplikasi tersebut Anda disuguhkan informasi serta rangkuman dari berita seputar Pemilu beserta partai politik secara lengkap. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memeriksa nama-naam calon legislatif dan juga calon presiden yang ikut bertarung di ajang tersebut. Guna memudahkan pengguna, aplikasi PEMILU menampilkan susunan informasi ke dalam beberapa kategori yang terdiri dari :


  • Beranda
Halaman utamanya menampilkan berita terkini seputar kegiatan yang dilakukan oleh KPU, partai politik, maupun tokoh-tokohnya. Semua ditampilkan secara rapi sesuai dengan waktu kejadian agar memudahkan pencarian berita.
  •  Jadwal
Untuk mengetahui kapan suatu partai politik mengadakan kampanye serta jadwal kegiatan lainnya yang berhubungan dengan Pemilu. Jadwal tersebut dilengkapi dengan informasi yang lengkap guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam.
  • Partai
Bingung memilih atau mengetahui partai peserta Pemilu 2014?  Anda bisa masuk ke kategori ini. Secara keseluruhan terdapat 15 partai yang ditandai dengan logo partai masing-masing. Jika ingin mengetahui informasi lebih dalam, Anda tinggal tekan salah satu logo. Nantinya akan terdapat informasi mengenai Visi dan Misi, Info Partai, dan foto para tokoh partai tersebut.
  • Calon Legislatif
Kategori ini menampilkan daftar nama-nama calon legislatif yang mencakup DPR, DPD, dan DPRD I. Masing-masing daftar nama caleg disesuaikan berdasarkan daerah pemilihannya, partai pendukungnya, serta informasi jumlah kursi yang tersedia dari masing-masing wilayah. Bahkan nama-nama caleg tersebut juga ditampilkan beserta biodata lengkap.
  • Calon Presiden
Yang paling menarik tentu saja nama-naam calon presiden yang bakal ikut bertarung di Pemilu nantinya. Aplikasi ini menampilkan nama-nama calon presiden yang tidak saja telah ditunjuk secara resmi oleh partai mereka, tetapi juga nama-nama yang sudah ramai diberitakan media massa dan berpeluang untuk dijadikan capres. Tiap calon ditampilkan melalui foto yang jika Anda tekan akan menampilkan profil mereka.
  • Daftar Pemilih Tetap
Anda pun bisa memeriksa apakah nama Anda sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Nantinya Anda bisa mencari dengan memilih lokasi dimana Anda terdaftar. Kategori lokasi tersebut terdiri dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, serta Kelurahan/Desa. Tekan fungsi Cari untuk menemukan nama Anda. Jika nama Anda belum tercantum, segeralah melapor ke pengurus atau pemerintah setempat untuk mendaftar kembali. Anda juga bisa memeriks nama dengan masuk ke pilihan "Apakah Anda terdaftar dalam Pemilu 2014? Cek disini".
  • Pertanyaan
Bagi yang masih belum mengetahui secara jelas mengenai hal-hal seputar Pemilu, aplikasi ini memberikan penjelasan seputar pertanyaan yang sering dijumpai di masyarakat. Penjelasan yang sederhana dan jelas akan memudahkan pemahaman bagi pemilih pemula hingga yang lainnya. Anda juga akan mendapati penjelasan mengenai syarat mengikuti Pemilu serta tata cara pemilihan dan lainnya.
  • Polling
Tidak hanya menyampaikan informasi, Anda juga bisa mengikuti polling yang hasilnya bisa dijadikan pemicu semangat bagi masyarakat luas. Hasil polling ini langsung ditampilkan secara real time. Tentu saja hal ini hanya dikumpulkan dari pengguna aplikasi PEMILU yang telah mengikuti polling dan bukan menggunakan hasil polling dari lembaga lain.
  • Lain-lain
Selain Polling dari aplikasi ini, Anda juga akan ditampilkan Polling dari beberapa lembaga seperti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Indonesia Research Centre (IRC), dan Roy Morgan Research untuk polling mengenai daftar calon presiden pilihan. Sedamgkan polling yang ditampilkan untuk partai pilihan diambil dari lembaga survey seperti Pusat Data Bersatu (PDB), Roy Morgan Research, dan Lembaga Survey Nasional (LSN).

Jika masih kurang lengkap mengenai informasi tadi. Anda juga akan diberikan tautan ke alamat lain guna melengkapi pemahaman yang lebih luas. Bahkan dalam tautan tersebut juga ditampilkan penjelasan mengenai Pemilu dalam bahasa Inggris. Aplikasi PEMILU ini bisa Anda dapatkan gratis di Google Play Store.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment