Ujian??? Jangan Panik! Ikuti Triknya

Namanya juga pelajar, tidak akan jauh dari yang namanya tugas serta ujian. Kalau ujian mendera, jangan panik. Karena "Jendela Informasi" punya tips seru untuk menghadapi ujian biar jadi asyik.

Cara Belajar
  • No SKS
Tahu kan Sistem Kebut Semalam atau SKS yang ngetop banget di kalangan pelajar? Itu loh, tiap kali besoknya ujian, maka di malam hari mereka semangat banget mempelajari semua materinya. Bagus??? Siapa bilang???

Oke, memang kamu jadi langsung ingat beberapa pelajaran, tapi kamu juga bakalan gampang lupa. Secara tuh materi tidak terpatri secara permanen di memori, melainkan hanya kayak tertempel saja. Jadi gampang hilang. Waktu belajar paling cihuy itu adalah setiap hari setelah pulang sekolah. Tidak perlu lama-lama, cukup satu atau dua jam. Atau kalau tidak, harus dicicil mulai seminggu sebelum ujian.
  • Jangan Menghafal
Jangan pernah menghafal pelajaran karena kamu bakalan gampang lupa. Coba pahami setiap penjelasan, coba juga jelaskan dengan bahasamu sendiri. Kalau kamu memang tidak mengerti, tanya dong sama guru. Kalau kamu sudah bisa menjelaskan permasalahan dengan bahasa sendiri yang lebih mudah dimengerti, tandanya kamu sudah mengerti materi itu.
  • Makan Permen Karet Biar Gampang Ingat
Ini nih hasil ajaib lagi dari sebuah riset. Katanya kalau kita lagi mencoba mengingat sesuatu, coba lakukan sambil mengunyah karena gerakan otot mulut dan rahang ini bisa menstimulasi otak untuk mempertajam kapasitas memori. Jadi kita bisa gampang ingat.

Malam Sebelum Hari Ujian
  • Siapkan Seragam dan Alat Tulis
Dari pada ribet pas besok pagi, mendingan dari malam kita sudah mempersiapkan segalanya. Jadi besok bisa santai dan tidak ada yang bakalan ketinggalan.
  • Tidur Cukup
Tau tidak, ada riset yang membuktikan kalau orang yang malamnya cukup tidur, bakal dapat nilai lebih tinggi daripada mereka yang malamnya begadang. Boleh percaya boleh tidak, tapi ini memang nyata. Logikanya begini, otak yang telah istirahat dengan cukup bakal lebih tenang dan bersahabat untuk berpikir. Tidak kayak orang yang otaknya disuruh kerja keras semalaman. Ya kan?
  • Jangan Buka Buku
Belajar di saat-saat terakhir menjelang ujian? Mending tidak usah karena itu tidak berpengaruh. Pelajarannya tidak akan masuk karena kamu dan keadaan sekitar sudah terlalu tegang. Paling asyik nih, sebelum ujian, kita bercanda-canda dan bersenang-senang, jadi otak bakal ikut happy. Dia akan lancar kalau disuruh nyari ingatan pelajaran yang sudah kita simpan sebelumnya.

Satu Jam Sebelum Ujian
  • Datang Lebih Pagi
Kalau datang telat bisa dipastikan kita tidak bisa tenang dalam mengerjakan ujian. Secara ya, masih capek abis lari-lari. Belum lagi harus nyari ruang  kelas dan tempat duduknya . Terus ribet nyari kartu ujian dan alat tulis. Jadinya buang waktu lebih banyak lagi. Mendingan datang 30 menit sebelum ujian, biar cukup waktu beradaptasi sama lingkungan sekitar dulu.
  • Sarapan
Sarapan itu penting banget. Tidak seru kan kalau lagi mengerjakan terus perut kruyukan? Jadi tidak konsen mengerjakan soal. Sarapan tidak usah terlalu banyak, yang penting bergizi. Lebih baik lagi kalau makan telur karena mengandung protein yang bagus buat otak.
  • Siapkan Alat Tulis
Letakkan satu pensil, cutter atau serutan, penghapus dan pulpen dia atas meja dan simpan yang lain di kolong meja. Biar tidak ribet kalau terjadi sesuatu sama alat tulis utama.

0 Response to "Ujian??? Jangan Panik! Ikuti Triknya"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.