IBX59ED8B2FED208 Bugar Dan Sehat Saat Ramadhan - Jendela Informasi

Bugar Dan Sehat Saat Ramadhan

Supaya tubuh tetap bugar, sehat dan kulit tetap cantik selama menunaikan ibadah puasa, sebaiknya pada waktu makan sahur dan berbuka puasa, aturlah menu makanan Anda sehingga memenuhi syarat gizi dan konsumsilah makanan yang mengandung gizi lengkap.

Supaya tubuh dan wajah tetap segar sepanjang hari selama menjalankan puasa, tetaplah aktif melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dan hindari bermalas-malasan serta tidur setelah makan sahur. Ketahuilah saat berpuasa, cairan yang kita konsumsi menungkin berkurang. Berkurangnya cairan tersebut bisa menyebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah.

Agar terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan untuk menjaga kebugaran, kesehatan, kesegaran tubuh, serta kecantikan kulit saat berpuasa, minumlah banyak air putih pada waktu sahur dan berbuka puasa, yaitu paling sedikit sekira 3-4 gelas. Karena air putih sangat mudah dan cepat diserap tubuh. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan segar.

Agar selalu tampak cantik dan bugar selama menjalankan puasa, dapat kecukupan vitamin A, D, dan E untuk menjaga kehalusan kulit, serta menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Jika merasa perlu, konsumsilah multivitamin dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Ketika berbuka puasa, sebaiknya jangan makan sekaligus banyak, tapi lakukan secara bertahap, dan mulailah dengan mengonsumsi yang manis-manis dan ringan seperti kurma, aneka kolak, dll, serta hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Kurang lebih satu jam kemudian, lengkapi dengan makanan sumber karbohidrat, protein, vitamin,dan mineral dari sayuran dan buah-buahan.

Hindari makan sahur berlebihan. Makan sahur sebaiknya tidak melebihi porsi makan sehari-hari, yaitu kira-kira sepertiga dari kebutuhan per hari dan hindari makan terlalu kenyang. Makan sahur terlalu kenyang dapat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah dan menyebabkan produksi hormon insulin meningkat sehingga tubuh menjadi mudah lelah, letih, lemas, lesu, sakit kepala, sakit perut, dan selalu mengantuk.

Selain itu sebaiknya makan sahur selambat mungkin, sekira setengah jam sebelum waktu imsak. Pilihlah jenis makanan yang dapat mengenyangkan agak lama, seperti nasi, sumber protein hewani, nabati, serta sayuran yang mengandung serat tinggi.

Untuk merawat kulit wajah selama menjalankan puasa, lakukan facial untuk membersihkan, melembabkan kulit wajah, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sebaiknya oleh lebih banyak pelembap dari biasanya dan usahakan untuk lebih sering memberssihkan kulit wajah. Untuk mencegah kekeringan kulit tubuh selama menjalankan puasa, biasakan untuk mengoleskan hand body lotion sesering mungkin.

Agar bibir selalu lembap, tidak pecah-pecah dan tidak kering selama menjalankan puasa, rawatlah bibir dengan mengoleskan lips conditioning atau gliserin (dapat dibeli di apotek atau toko obat) agar kulit bibir lembap. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menjalankan puasa, serta untuk melancarkan sirkulasi darah dan menyehatkan kulit, lakukan olahr aga ringan atau senam yang tidak terlalu menguras tenaga selama beberapa menit. Marhaban ya ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa.

0 Response to "Bugar Dan Sehat Saat Ramadhan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.