Cara Mengetahui Foto Asli Atau Palsu

Saat ini banyak beredar foto palsu di internet. Bagaimana cara termudah mendeteksi bahwa foto tersebut asli atau sudah teredit atau mungkin gambar tersebut palsu.

 
Contoh Foto Asli

Contoh Foto Editan
Ada tiga kategori foto yang akan digunakan dalam mendukung bahasan kita kali ini :
1. Foto asli adalah foto yang benar-benar hasil jepretan langsung dari kamera pocket/kamera digital atau kamera handphone (foto ini dapat dideteksi langsung menggunakan system file properties Windows XP/Windows 7).
2. Foto asli namun sudah teredit (foto editan), obyek yang ada pada gambar masih asli, namun mungkin sudah di-crop/dipotong beberapa bagian sehingga ukurannya berbeda dengan aslinya.
3. Foto palsu merupakan hasil modifikasi/manipulasi dari foto asli menggunakan software pengolah grafis seperti Adobe Photoshop, PaintShop, Corel atau software pengolah image lainnya.

Secara umum, dengan menggunakan system file properties Windows XP/Windows 7 kita hanya bisa membedakan dua kategori yaitu foto asli (karena meta datanya masih lengkap) dan foto editan (karena meta datanya sudah tidak lengkap lagi). Foto editan tersebut bisa menjadi acuan kita untuk menentukan apakah foto tersebut asli atau palsu.

Untuk menentukan foto tersebut adalah foto asli yang telah teredit atau 100% photo palsu masih perlu dilakukan beberapa analisa visual dan analisa digital lanjutan menggunakan software pengolah images. Dalam tulisan ini hanya diuraikan saja bagaimana melacak/mengecek foto yang mungkin beredar di internet tersebut adalah murni 100% asli atau foto tersebut kemungkinan palsu.

Jika Anda disuguhkan foto seronok, Anda check dulu keabsahan foto tersebut, jangan langsung percaya.

Untuk pengguna Windows XP buka Windows Explorer. Cari file gambar yang akan dicheck keasliannya.


Di kotak dialog Properties pilih tabulasi Summary. Klik tombol Advanced. Akan tampil seperti di bawah ini. 




Karena gambar ini asli maka akan tercantum atribut : Width, Height, Equipment Make, lengkap dengan Color representation, Shutter Speed, Lens Aperture, Flash Mode, tanggal pengambilan gambar dan berbagai data atribut lainnya.

Untuk pengguna Windows 7, langkahnya sama seperti di atas.
Buka Windows Explorer. Selanjutnya klik kanan pada salah satu gambar yang akan di-cek keaslian fotonya. Di kotak dialog File Properties, pilih tabulasi Detail, hasilnya sama seperti gambar berikut.



Foto ini dijepret menggunakan kamera digital Samsung Digimax A503. Gambar tersebut dijamin 100% asli. Tanggal pengambilan gambar juga tercantum. Bagaimana jika foto tersebut telah mengalami editan atau telah dimodifikasi, maka di sistem file properties akan tampak seperti di bawah ini.


Properties gambar yang telah diedit/dimodifikasi hanya ada data Width, Height, Horizontal resolution, Vertical resolution, Frame count.

Gambar dengan properties seperti di atas patut dicurigai 50% asli atau 50% palsu. Untuk menguji 100% palsu haru dilakukan analisis visual atau analisis digital lanjutan. Dengan menggunakan system properties file Windows 7/Windows XP sejatinya kita dapat mengetahui secara awal foto yang beredar adalah 100% asli atau telah teredit, tanpa perlu bingung menggunakan software pendeteksi keaslian gambar.

0 Response to "Cara Mengetahui Foto Asli Atau Palsu"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.