iklan space 728x90px

Hati-hati Microwave Bisa Picu Katarak

Penyakit katarak adalah pemicu paling banyak kebutaan, terhitung di Indonesia. Peristiwa katarak sering dihubungkan dengan sistem penuaan. Tetapi, penyakit mata ini sebenarnya dapat berlangsung pada siapapun, semua umur.

Berita baiknya, kebutaan disebabkan katarak dapat sembuh atau dipulihkan lewat aksi operasi yang cukup simpel. Tingginya cost operasi, rendahnya akses, serta terbatasnya tenaga dan sarana kesehatan, bikin tetap beberapa orang dengan katarak yang belum dapat dioperasi.

Waktu ini cukup banyak pasien katarak yang masih berumur 40-an thn, di mana mereka tetap produktif serta belum dapat dikatakan lansia.

Kecuali penuaan, banyak aspek lain yang dapat menyebabkan terjadinya katarak seperti paparan radiasi cahaya ultraviolet, penyakit seperti diabetes, dan paparan radiasi microwave.

Beberapa riset mengungkap bahwasanya radiasi microwave bisa bikin jaringan badan kita memanas. Bila kandungan paparannya tinggi, bisa mengakibatkan rasa nyeri terbakar.

Lensa mata yang demikian peka pada panas, bila terpapar radioasi microwave kandungan tinggi bisa jadi katarak. Demikian diterangkan dalam website US FDA (Food and Drug Administration).

Untuk menghindar atau memperlambat munculnya katarak, Dr. Nina Ratnaningsih, SpM, MSc, dari RS Mata Cicendo, Jawa Barat, merekomendasikan sebagian strategi tersebut.

* Kurangi paparan cahaya matahari, dengan tak melakukan aktivitas diluar rumah. Bila mesti keluar rumah, baiknya menggunakan kaca mata yang dilapis bahan anti-UV serta kenakan topi lebar.

* Memakai microwave dengan bijak serta janganlah terlampau dekat waktu memakainya.

* Kontrol teratur bila alami penyakit kritis umpamanya diabetes.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Hati-hati Microwave Bisa Picu Katarak"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News