IBX59ED8B2FED208 Path, Lebih Dekat Dengan Teman Dibandingkan Facebook - Jendela Informasi

Path, Lebih Dekat Dengan Teman Dibandingkan Facebook

Path, sebuah jejaring sosial berbasis mobile saat ini sedang banyak dibicarakan. Apalagi saat ada kabar bahwa Bakrie Global Group turut berinvestasi sebesar 25 juta dollar AS pada jejaring sosial yang diciptakan oleh David Morin tersebut. Lalu apa sebenarnya yang membuat Path menarik?

Path dirilis perdana pada November 2010 untuk platform iOS, kemudian turut merambah ke Android. Saat ini untuk kedua platform memiliki fitur yang relatif sama. Untuk pengguna iOS dapat mendownloadnya melalui iTunes App Store, sedangkan Android di Play Store, keduanya secara gratis.

Mengenal Path
Konsep dari Path adalah jejaring sosial. Sebagai perbandingan Anda dapat membayangkan Facebook. Lantas apa perbedaannya? Secara garis besar masing-masing mengandalkan pertemanan dengan fungsi sharing berbagai informasi mulai dari status, foto hingga lokasi.

Di dalam Path, Anda akan menampilkan semua informasi dalam sebuah timeline (yang diberi istilah path) dan orang lain dapat mengikutinya (follow) dan sebaliknya juga sehingga dapat berinteraksi dalam dua arah.

Memang terdengar sama dengan Facebook, tetapi Path lebih personal dan membawa Anda lebih dekat dengan teman, keluarga atau kenalan lainnya. Hal ini terlihat dari pembatasan jumlah teman hanya 150 saja. Bandingkan dengan Facebook dengan batasan 5000 teman, yang belum tentu semuanya Anda kenal dan pernah berinteraksi langsung. Maka dari itulah Path membatasi jumlah teman sehingga hanya benar-benar orang dekat saja yang akan berhubungan dengan Anda. Ambil contoh teman sekolah, kantor dan keluarga yang sehari-harinya ditemui dan berinteraksi. Dengan begitu Anda dapat benar-benar membatasi orang yang masuk di dalam lingkaran Path sehingga interaksi terasa lebih maksimal, mengingat Anda benar-benar mengenal orang yang ada di dalamnya.

Path merupakan aplikasi jejaring sosial yang cocok bagi Anda yang ingin tetap berinteraksi dengan teman atau keluarga, tetapi lebih personal. Bandingkan dengan Facebook yang terasa lebih ramai dan tidak terlalu dekat. Apalagi dengan banyaknya iklan-iklan dari Fan Page yang mengganggu sehingga sudah terasa sangat komersil. Jika Anda tidak ingin terganggu dengan cara Anda berinteraksi, maka dapat memilih Path.

Saat ini banyak aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan registrasi akun menggunakan akun Facebook. Untuk Path ini, Anda diharuskan registrasi menggunakan akun Gmail. Dengan begitu Anda yang masih aktif di akun Facebook tidak akan terasa terganggu dengan aktivitas yang dilakukan pada Path, kecuali jika nantinya Anda melakukan sharing aktivitas Path di Facebook.

Path merupakan opsi bagi Anda untuk mencari teman melalui daftar kontak ponsel (akan mengecek nomor ponsel teman jika mereka menginputkannya saat mendaftar akun), Twitter dan Gmail. Tidak ada opsi mencari teman Facebook yang sudah memiliki akun Path. Tetapi Path memiliki opsi lain, yaitu mempromosikan akun Path Anda di Facebook. Dengan begitu teman Facebook yang sudah punya akun Path akan memberikan permintaan pertemanan secara manual melalui akun Path mereka sendiri.

Path juga dapat terhubung dengan jejaring sosial lain, yaitu Instagram dan Foursquare untuk menambahkan "Moments", yakni sebuah informasi yang nantinya akan tampil di dalam timeline Path. Misalkan jika Anda menghubungkannya dengan Instagram, semua foto yang ada di dalam akun Instagram akan ditambahkan ke dalam timeline. Tidak ada opsi untuk memilih foto apa yang akan ditambahkan ke Moments sehingga jika jumlah foto Anda termasuk banyak, maka proses upload foto ke timeline akan memakan waktu yang lama. Pikir dua kali jika ingin menambahkan foto Instagram ke Path dalam langkah awal ini. Saat akan menghubungkan Path dengan Instagram atau Foursquare dibutuhkan proses login untuk keduanya. Setelah terhubung, maka semua informasi, baik di Instagram (foto) atau Foursquare (lokasi check-in) akan ditampilkan di timeline sebagai Moments.

Jika Anda masih ingin terhubung dengan teman yang benar-benar dekat, maka Path adalah jejaring sosial yang tepat. Fitur yang ada di dalamnya memang tidak banyak, tetapi benar-benar berguna. Fitur Image Circle berguna untuk memisahkan sharing Moments kepada teman atau keluarga.

Untuk konsep dari Path sendiri tidak jauh dari Facebook, hanya saja lebih terasa intim karena membatasi jumlah teman yang dapat ditambahkan. Beberapa fitur unggulan dari jejaring sosial lainnya seperti menggunakan filter kamera (Instagram), chatting hingga check in (Foursqauare). Tetapi memang untuk konten tambahan seperti filter dan sticker jika ingin dinikmati secara maksimal harus bayar.

Singkatnya, jika Anda memiliki sejumlah teman dekat dan ingin selalu mengetahui berbagai kabar dari mereka, maka Path sangat tepat. Lagi pula siapapun tidak membutuhkan iklan-iklan dari Fan Page bukan?

0 Response to "Path, Lebih Dekat Dengan Teman Dibandingkan Facebook"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.