Cara Sembunyikan Foto WhatsApp Di Gallery

Seringkali kita mendapatkan kiriman foto melalui WhatsApp yang sejujurnya kita tidak ingin orang lain tahu. Kita juga tidak ingin foto tersebut muncul dan kelihatan di Gallery foto di sistem Android, apalagi jika smartphone Anda sering dipinjam teman yang suka usil membuka dan melihat isi Gallery foto smartphone Anda. Untungnya, foto-foto yang kita terima melalui whatsApp tersebut bisa kita sembunyikan. Bagaimana caranya?

Menyembunyikan foto yang diterima dari WhatsApp bisa dilakukan dengan mudah, mengembalikan agar foto tersebut bisa muncul dan terlihat lagi pun juga gampang. Anda bahkan tak perlu melakukan rooting atau cara-cara lain yang susah. Pertama Anda membutuhkan aplikasi file manager. Di Google Play Store terdapat beragam aplikasi tersebut yang bisa dipilih. Dua yang paling populer adalah ES File Explorer, Astro File Manager, atau Total Commander.

  • Unduh Aplikasi File Manager
Aplikasi File Manager bisa diunduh dari Google Play Store. Dalam tutorial ini kita menggunakan ES File Explorer. Namun Anda juga bisa menggunakan aplikasi serupa lainnya sesuai dengan referensi masing-masing.
  • Buka Aplikasi File Manager
Setelah proses instalasi selesai, buka dan jalankan aplikasi file manager dalam smartphone Anda.
  • Buka Folder WhatsApp
Setelah aplikasi dijalankan, tugas Anda selanjutnya adalah mencari tahu dimana file-file foto WhatsApp tersimpan. Biasanya, file tersebut berada di root folder/sdcard. Pilih folder WhatsApp lalu di dalam folder tersebut, klik folder Media.
  • Buka Folder Media
Di dalam folder media terdapat sub folder lagi yang bernama WhatsApp images. Saat berada dalam folder tersebut, Anda diharuskan membuat file baru dengan memilih tombol ikon "+" di pojok kiri bawah. Untuk aplikasi file manager lainnya menyesuaikan. Dengan menekan tombol ikon "+" tadi, maka kotak dialog baru akan muncul yang memberikan pilihan File dan Folder. Pilih menu "File".
  • Beri Nama File Baru
Setelah memilih menu File, Anda harus memberi nama file baru tersebut dengan nama ".nomedia".
  • Buka Kembali Aplikasi Gallery
Setelah itu, file baru akan tersimpan dalam folder WhatsApp Images. Buka kembali aplikasi Gallery dan Anda akan melihat foto-foto di folder WhatsApp akan tersembunyi. Jika ingin memunculkan kembali foto-foto tersebut, Anda cukup menghapus file ".nomedia" tadi melalui file manager.

Perlu diingat, karena merupakan file sistem, kadang file "nomedia" tidak ditampilkan oleh Android. Untuk itu, Anda perlu memunculkannya terlebih dahulu. Caranya? Di dalam ES File Explorer, Anda cukup melakukannya dengan memilih tombol ikon biru di pojok kiri (telepon dan globe), lalu scroll ke bawah hingga Anda menjumpai pilihan "Show hidden files." Aktifkan pilihan ini.
  • Menghapus File .nomedia
Kini file .nomedia tersebut muncul dalam folder WhatsApp Images. Yang perlu Anda lakukan adalah menghapusnya. Tekan agak lama file nomedia itu, dan pilih opsi untuk menghapusnya dengan menekan tombol "Delete".

Jangan lupa untuk mematikan pilihan "Hidden Files" dalam folder Anda jika tidak ingin semua file ditampilkan dalam semua folder.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment