Tips Merawat Gorden

Gorden adalah bagian dari interior rumah yang harus menjadi perhatian, meskipun kadang kita abaikan. Karena gorden sebenarnya rentan dengan penempelan debu yang bisa menimbulkan penyakit pernapasan. Untuk itu perawatan mutlak dilakukan agar gorden tetap terlihat indah dan tidak menimbulkan penyakit.
Dan berikut tips merawat gorden agar tidak merusak keindahan rumah :
  • Pencucian tiga bulan sekali wajib dilakukan. Akan lebih baik saat memilih gorden, pilih jenis bahan yang mudah dibersihkan.
  • Membersihkan gorden bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan tenaga profesional seperti laundry. Gorden yang memiliki model lipit-lipit, sebaiknya dibawa ke laundry agar bisa di-dry clean. Pencucian dengan bahan kimia ini dilakukan agar bentuk gorden tidak berubah. Sedangkan gorden dari jenis kain tanpa lipit-lipit bisa dicuci sendiri di rumah. Namun yang perlu diingat saat sebelum mencuci, kawat, smock ring, dan besi yang ada pada gorden harus dilepas. Ini untuk menghindari karat yang bisa menyebabkan rusaknya gorden.
  • Untuk membuat gorden lama yang kusam menjadi cemerlang, sebelum dicuci dengan deterjen, rendam gorden di air hangat yang sudah dicampur dengan garam sebanyak 2-4 genggam, tergantung besar wadah dan banyaknya gorden. Biarkan rendaman selama satu jam, setelah itu bilas dengan air bersih.
  • Lalu gorden bisa dicuci seperti biasa dengan deterjen lembut, sama seperti saat mencuci pakaian. Hindari pencucian dengan mesin cuci agar bahan tidak rusak. Bilas kurang lebih 3x karena gorden biasanya menyerap debu lebih banyak. Kemudian tambahkan pewangi atau pelembut pakaian agar gorden berbau segar.
  • Setelah itu dijemur, tapi kalau bisa jangan terkena sinar matahari langsung. Untuk poni gorden yang biasanya terdiri dari renda-renda atau benang berwarna-warni, jangan dijemur sembarangan. Begitu pula dengan poni gorden dengan desain pelmet. Cara menjemur poni gorden tersebut adalah dengan cara menjepit bagian atasnya pada tali jemuran sehingga posisinya sama seperti saat poni gorden terpasang. Ini untuk menghindari berubahnya bentuk poni serta agar benang atau renda-renda tersebut tidak kusut.
  • Rajin-rajinlah membersihkan debu menggunakan vacuum cleaner agar gorden tidak perlu sering-sering diturunkan dan dipasang kembali. Untuk perawatan ringan seminggu sekali, cukup gunakan vacuum cleaner, kemonceng, dan kain basah.
[Source Image : kaduga.com; Source Article : PRM 06/07/2014]

0 Response to "Tips Merawat Gorden"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.