7 Kebiasaan Tak Sehat di Kantor

Penelitian membuktikan duduk lebih dari enam jam di tempat kerja akan meningkatkan risiko cedera dan penyakit.

Bekerja di kantor membuat  Anda tidak kepanasan dan  terhindar dari kehujanan. Padahal menghabiskan lebih dari enam jam dalam sehari dengan duduk di meja sembari menatap layar komputer bisa memperpendek usia.

Berikut ini adalah kebiasaan tak sehat di kantor yang perlu Anda hindari.
  • Posisi Duduk Yang Salah
Selama di kantor, Anda akan duduk. Oleh sebab itu, posisi duduk Anda harus benar dan nyaman. Misalnya, sesuaikan tinggi kursi dengan kaki, buat kaki sejajar dengan lantai alias tidak menggantung, lutut pun harus berada pada sudut 90 derajat, dan sesuaikan layar komputer dengan arah pandangan mata sehingga mata tidak cepat perih atau lelah akibat sinar pada layar monitor.
  • Meja Berantakan
Anda harus menyusun barang di meja Anda dengan benar dan senyaman mungkin karena meja kerja yang berantakan akan menimbulkan stres dan membuat Anda tidak dapat bergerak bebas.
  • Camilan
Mengemilboleh saja sebab tubuh memang membutuhkan makanan selingan agar tetap fokus dan menambah energi tubuh.  Akan tetapi, pilihlah camilan yang sehat seperti buah atau kacang-kacangan pada pagi atau sore hari.
  • Posisi Tak Berubah
Fokus saat bekerja memang penting, namun bukan berarti Anda harus selalu berada di posisi yang sama selama berjam-jam. Hal ini pun berlaku meski Anda telah duduk di posisi yang benar. Pasalnya, tubuh dan pikiran butuh penyegaran walaupun hanya untuk meregangkan otot-otot selama beberapa jam bekerja. Pergilah jalanjalan di sekitar kantor, mengobrol dengan rekan kerja di kubikel lain, luar kantor atau lakukan peregangan otot selama beberapa menit.
  • Kurang Minum
Pekerja kantoran lebih memilih minum minuman berenergi atau minuman dengan rasa tertentu dibandingkan air putih. Padahal air putih sangat dibutuhkan tubuh saat seseorang terlalu banyak duduk untuk menghindarkan risiko penyakit ginjal.
  • Makan Di Meja Kerja
Apakah Anda lebih memilih menghabiskan jam makan siang dengan makan di meja kerja? Padahal makan siang adalah waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan. Makan di meja kerja juga dapat menimbulkan risiko obesitas karena Anda kurang bergerak setelah makan.
  • Lembur
Delapan jam seakan-akan tidak akan pernah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga Anda terpaksa lembur. Tentu saja lembur akan menganggu kesehatan bila dilakukan hampir setiap hari. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk beristirahat. Misalnya, tidur siang selama setengah jam.


0 Response to "7 Kebiasaan Tak Sehat di Kantor"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.