IBX59ED8B2FED208 Cara Memilih Tablet PC Sesuai Kebutuhan - Jendela Informasi

Cara Memilih Tablet PC Sesuai Kebutuhan

Sejak kehadiran iPad, produk-produk sejenis terus bermunculan membanjiri pasar dengan beragam pilihan model dan sistem operasi yang variatif. Saat ini, Komputer Tablet (Tablet PC) yang naik daun menjadi tren di berbagai kalangan.

Hadirnya Tablet PC yang memiliki keunggulan dari sisi bentuk praktis dan kompak, sontak disambut antusias pencinta gadgetsedunia. Tengok saja ramainya kelompok remaja yang asik kongko, duduk berkumpul di resto atau kedai-kedai kopi di mal, sementara jari jemarinya asik “bergerilya” di layar monitor Tablet PC di mejanya. Ya, mereka asik chatting, surfing, atau menikmati gamming.

Di meja lainnya, tampak dua orang profesional muda asik berbicara bisnis. Sesekali tangannya menggeser-geserkan jari ke layar sentuh monitor Tablet PC, membuka catatan yang diperlukan. Mereka memperlakukannya bak buku catatan.

Itulah gambaran bagaimana Tablet PC begitu digandrungi. Namun sebelum mengikuti tren ini, ada baiknya mengetahui secara persis, apakah Anda membutuhkannya atau tidak. Jenis Tablet PC seperti apa yang cocok untuk kebutuhan Anda. Sehingga tidak akan kecewa setelah membelinya.

Sebagai contoh, seorang pembuat Web bisa dengan mudah memperlihatkan website yang sudah di buat dengan menggunakan Tablet PC. Lebih mudah dari pada mengguna kan Laptop. Tidak ada lagi waktu tunggu untuk mengatifkan sistem operasi seperti pada Laptop. Cukup membuka web browser bisa langsung menunjukkan website yang akan diperagakan.

Dengan Tablet PC nya, seorang fotografer dengan mudah bisa menunjukkan portfolio karya fotonya. Kemudahan, kecepatan dan kualitas tampilan yang diperagakan akan menimbulkan kesan tersendiri bagi klien. Inilah hal penting yang menjadi dasar pertimbangan kenapa Anda memerlukan Tablet PC.

Saat ini, ada banyak jenis dan merek Tablet PC di pasaran, harga yang ditawarkanpun makin terjangkau. Mulai dari Rp 2 juta hingga sekitar Rp 7 juta. Soal kemampuan dan azas praktis yang dimilikinya, masing-masing tentu memiliki keunggulan maupun kekurangan. Karena itulah, alangkah bijaknya jika Anda mengenal terlebih dahulu produk gadgetyang tengah naik daun ini. Sejauh mana kemampuan dan manfaatnya untuk Anda.

Mengenal Tablet PC
  • Layar Sentuh
Tablet PC memiliki beberapa jenis layar ukuran 5 inci - 10 inci. Layar pada Tablet PC juga difungsikan sebagai papan ketik dengan menampilkan keyboard virtua latau media untuk menulis.
  • Processor
Processor pada Tablet PC menggunakan ARM, dengan konsumsi daya lebih rendah dibandingkanprocessor jenis lainnya. Rendahnya konsumsi daya berpengaruh pada performa dan pemakaian baterai. Idealnya, Tablet PC memiliki processor dengan clock speeddi atas atau minimal 1 GHz. Clock speeddi bawah 1 GHz membuat performa Tablet PC lambat dan kurang dapat dinikmati.
  • Protokol untuk Koneksi Nirkabel
Protokol standar untuk mengakses wireless local area networkatau hotspotadalah IEEE 802.11. Protokol untuk koneksi nirkabel yang terbaru adalah 802.11n, generasi sebelumnya menggunakan 802.11a, 802.11b, dan 802.11g. Untuk kemudahan akses internet, pertimbangkanlah koneksi nirkabel 802,11n
  • Sistem Operasi
Sistem operasi yang umum digunakan pada Tablet PC adalah Google Android, Microsoft Windows, iOS pada Apple iPad dan Blackbarry OS. Namun ada juga produk yang menyediakan tiga sistem operasi sekaligus, Microsoft Windows , Android, MeeGo, dan OS terbaru Android Honeycomb.
  • Kapasitas Penyimpanan Data
Media penyimpanan pada Tablet PC, adalah Solid State Drive(SSD) atau flash drive berkapasitas mulai 1GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, hingga 64GB. Pertimbangkan pula adanya slot MicroSD atau port USB untuk tambahan penyimpanan data secara eksternal. Karena, ada produk Tablet PC yang tidak menyediakan portUSB.

Hal penting lain yang juga harus dipertimbangkan adalah inputdan output yang disediakan. Koneksi HDMI (High Definition Multimedia Interface)yang dapat digunakan untuk mentransmisikan video, gambar, atau suara ke perangkat lain seperti televisi atau proyektor yang tidak banyak disediakan oleh vendor Tablet PC. Jika Anda membutuhkan banyak koneksi HDMI, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih Tablet PC yang dilekapi dengan HDMI port.

Tips Memilih Tablet PC
  • Pilihlah Tablet PC dengan sistim operasi yang sesuai kebutuhan Anda.
  • Lalu, tentukan aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi yang biasa digunakan.
  • Pilihlah yang harganya sesuai dengan keuangan Anda.
  • Perhatikan layanan purna jualnya. Belilah Tablet PC resmi yang memiliki layanan purna jual dan menyediakan kelengkapan asesoris yang mudah diperoleh.

0 Response to "Cara Memilih Tablet PC Sesuai Kebutuhan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.