Dr. Web Link Checker, Cek Bahaya Link Website Dari Virus

Salah satu bahaya keamanan yang mengintai aktivitas berselancar adalah meng-klik sebuah link yang membawa Anda ke sebuah website mengandung virus atau malware. Jika Anda termasuk seseorang yang gemar melanglang buana dan penasaran dengan link yang ada di sebuah website, lebihh baik mempersenjatai diri dengan extension untuk Google Chrome bernama Dr. Web Link Checker. Extention ini dapat membantu Anda untuk mengecek link dari ancaman virus.

Dr. Web dikenal sebagai aplikasi antivirus, dan extention ini memungkinkan Anda untuk mengecek link dalam Chrome tanpa harus menginstal aplikasinya. Dalam prosesnya, extention akan memindai link yang Anda minta dan mengeceknya di dalam server database virus.

OK untuk memulai silakan download extention Dr. Web Link Checker via Chrome Web Store. Setelah terinstal, Anda perlu merestart browser.

Setelah itu Anda dapat melihat ikon extention ditoolbar. Klik ikon tersebut untuk melihat menu Dr. Web, namun pada langkah ini belum dapat memicu sebuah link untuk dipindai.

Untuk melakukan pemindaian sebuah link, cukup klik kanan link dan pilih opsi "Scan with Dr. Web". Maka akan terbuka sebuah jendela dimana hasil pemindaian ditampilkan. Jika terdapat ancaman, maka hasilnya adalah informasi "Clean".

Sedangkan jika terdapat ancaman yang terdeteksi, hasil pemindaian adalah "Infected". Pada titik ini, cukup tutup jendela dan jangan buka link tersebut.

Fitur lain dari Dr. Web Link Checker ini adalah mengecek link yang ada di jejaring sosial seperti Facebook. Seperti yang diketahui, saat ini jejaring sosial populer pun sudah menjadi tempat bagi para orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan link-link yang berpotensi mengandung ancaman. Extention ini memberikan sebuah perlindungan saat meng-klik link yang akan membawa Anda keluar dari Facebook, maka muncul peringatan.

Akan dilakukan proses pemindaian terhadap link yang Anda klik. Jika aman, lanjutkan proses berselancar dengan meng-klik tombol "Go".

Beberapa fungsi lain yang disediakan adalah mem-blok pop up ads, analytic website dan plugin jejaring sosial. Anda dapat mengaturnya dengan meng-klik ikon extention. Lalu dengan mengakses halaman Options (klik ikon gir di sudut kanan bawah menu), Anda dapat mengatur tingkat proteksi dari Low ke High.

Pada halaman yang sama, Anda dapat meng-update database virus untuk memastikan berbagai ancaman baru dapat terdeteksi. Cukup klik ikon "Update database" di bagian bawah halaman Options.

Nah, sekarang Anda aman berselancar di dunia internet ketika ingin melanglang dengan link-link yang bermunculan dan baru Anda kenal berkat Dr. Web Link Checker.

0 Response to "Dr. Web Link Checker, Cek Bahaya Link Website Dari Virus"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.