IBX59ED8B2FED208 Awas Smartphone Aspal! Inilah Cara Nge-cek-nya - Jendela Informasi

Awas Smartphone Aspal! Inilah Cara Nge-cek-nya

Kinerja serta desain keluarga Samsung Galaxy dan Apple iPhone yang terkenal dengan kualitasnya membuat perangkat-perangkat tersebut banyak diburu oleh konsumen. Namun, penjualan perangkat dari kedua vendor tersebut yang begitu gurih ternyata dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan dengan cara membuat kloningannya. Untuk itu, meningkatkan kejelian dan hati-hati sebelum membeli produk-produk dari dua vendor di atas tentunya sangatlah diperlukan.

Harga Miring
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan tentunya dari sisi harga karena inilah indikator yang mudah untuk melihat keaslian sebuah smartphone. Jika harga yang ditawarkan oleh si penjual jauh di bawah harga pasar, Anda patut untuk mencurigai produk tersebut. Apapun alasannya karena harga tidak akan pernah bohong. Jadi sebelum membeli smartphone, pastikan Anda mengetahui pasaran harga smartphone tersebut.

Bentuk Fisik
Perhatikan juga bentuk fisik dari smartphone yang akan Anda beli. Jika Anda jeli akan terlihat perbedaan dimana smartphone supercopy mempunyai kualitas finishing yang lebih kasar dan material pembangunnya terlihat murahan. Selain itu, letak tombol fisik ponsel supercopy juga berbeda. Samsung Galaxy S4 misalnya, dimana jarak antara tombol Home dengan layar terlihat lebih jauh. Pun begitu dengan posisi lampu kilatnya, terlihat agak berjauhan dengan kamera utama. Lalu box smartphone supercopy juga terasa lebih kasar dan tidak disertai pembungkus plastik berlogo Samsung.

Kenali Lebih Detil
Kemudian galilah informasi sedetil mungkin seputar smartphone yang akan Anda beli, mulai dari lebar layar, resolusi, RAM, GPU yang digunakan, memori, kamera, dan masih banyak lagi. Biasanya smartphone supercopy mempunyai spesifikasi yang lebih rendah daripada aslinya. Untuk itu, meminta bantuan dari pihak ketiga adalah solusi terbaik, yakni dengan memanfaatkan aplikasi penguji yang banyak tersedia di toko aplikasi seperti CPU Z, Antutu X, ataupun Android Hardware Info. Setelah aplikasi terpasang, coba jalankan, lihat hasilnya, dan cocokkan dengan spesifikasi resmi.

Cek Menyeluruh
Memanfaatkan kekhasan dari smartphone tertentu merupakan cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keasliannya. Untuk merk Samsung bisa masuk ke download mode. Caranya, matikan ponsel lalu lepas baterai beberapa saat, dan pasang kembali. Setelah itu, tekan tombol volume down dan  power secara bersamaan. Jika layar menampilkan download mode, dapat dipastikan ponsel tersebut asli. Sedangkan untuk iPhone 5S, jika Anda bisa melihat piksel di layar dengan mudah dari jarak pandang yang cukup jauh, dapat dipastikan jika itu bukan layar retina. Terakhir, apabila pada saat login Apple ID atau membuat Apple ID tidak diarahkan ke App Store tapi malah ke Google Play, dapat dipastikan juga jika iPhone tersebut adalah replika. So, sekali lagi, kenali smartphone yang akan Anda beli, gali informasi sebanyak mungkin, dan jangan termakan dengan iming-iming harga miring. Selamat berbelanja.

0 Response to "Awas Smartphone Aspal! Inilah Cara Nge-cek-nya"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.