Ragam Cara Merawat Furniture Rotan

Indonesia merupakan salah satu penghasil rotan yang hasilnya akan diekspor hampir ke seluruh dunia. Itu sebabnya furniture rotan banyak ditemui di sini. Furniture berbahan dasar rotan memiliki banyak keunggulan sehingga cukup banyak diminati oleh masyarakat. Salah satu alasannya ialah harganya yang lebih murah dibanding harga furniture berbahan kayu solid. Rotan juga memancarkan kesan klasik saat dijadikan perlengkapan interior sehingga penggunaannya tidak hilang walaupun banyak bahan baku lain yang kini digunakan. Rotan juga sering dirancang dengan tren furniture rumah terbaru seperti bentuk minimalis, anyaman atau bulat.

Furniture rotan juga memiliki kekuatan yang hampir sama dengan kayu, namun bentuknya yang lebih sederhana serta ringan membuatnya cocok ditempatkan di dalam ruangan yang kecil dan mudah untuk dipindahkan. Proses pembuatan rotan sebagai furniture terbilang cukup sulit, namun kualitasnya tidak diragukan lagi karena tahan lama dengan biaya pemeliharaan yang rendah. Agar furniture rotan bisa tetap awet dan tahan lama. aplikasikan tips berikut:
  • Bersihkan furniture rotan untuk menghilangkan debu minimal seminggu sekali. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau kuas cat, kemudian siram dengan air dengan tekanan minimum agar tidak merusak pola mebel. Keringkan dengan kain lembut.
  • Jangan membersihkan rotan dengan bahan kimia karena dapat merusak struktur rotan dan berpotensi merusak cat dan lapisan melamik pada furniture.
  • Pada bagian yang susah dijangkau atau kotor, lap dengan kain basah dengan sedikit deterjen. Setelahnya, lap dengan kain kering lalu angin-anginkan. Lakukan hal ini setiap bulan satu kali.
  • Jika warna rotan sudah terlihat pudar dan kusam, Anda bisa mengecat kembali agar warnanya tetap bagus.
  • Untuk menghindari dan mengusir rayap, Anda bisa menyemprotkan larutan kamper dan minyak tanah pada lubang yang dibuat oleh rayap pada furniture rotan Anda.
  • Motifnya yang bervariasi juga menjadikan furniy.
  • Letakkan perabot dari rotan di tempat yang tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat perabot Anda menjadi usang warnanya. Jika ingin menjemur furniture rotan di bawah matahari, pastikan tidak menempatkannya tidak lebih dari 30 menit sebab rotan sangat peka terhadap sinar ultraviolet.
  • Letakkan bantalan karet di bawah kaki furniture agar menjaga rotan tidak pecah.
  • Gunakan larutan campuran kapur barus dan minyak tanah. Jika terdapat lubang-lubang kecil pada badan aksesori, suntikkan cairan yang sama ke dalam lubang-lubang tersebut.
  • Furniture rotan tidak tahan terhadap perubahan cuaca, maka perhatikan penempatannya. Lebih baik tempatkan furniture rotan untuk dalam ruangan.
  • Sebisa mungkin hindarkan rotan dari air. Kelembaban dapat membuat rotan lapuk dan rapuh. Jika terlanjur terkena air segera keringkan dengan kain lap kering. 
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment