iklan space 728x90px

6 Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Mengkudu mempunyai nama Latin Morinda citrifolia serta tergolong juga dalam famili Rubiaceae. Sejumlah daerah di Indonesia mempunyai sebutan beraneka-macam untuk mengkudu ini. Salah satunya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa) ; Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) serta ada banyak lagi. Buah mengkudu yang belum matang umumnya dipakai untuk kombinasi rujak. Sementaranya buah yang masak dipakai untuk penyembuhan. 

Walau baunya amat tak enak, tetapi buah mengkudu yang telah masak di pohon mempunyai banyak faedah untuk penyembuhan. Hal semacam ini sebab ada sejumlah kandungan zat didalamnya, diantaranya morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril serta sorandiyiol. 

Di bawah ini sejumlah faedah serta manfaat buah mengkudu untuk penyembuhan tradisional dibarengi dengan contoh resep serta pemakaiannya. 

Menangani Hipertensi 
Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Langkahnya, siapkan 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon serta 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk di ambil airnya, lalu disatukan dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali. 

Mengobati Batuk 
Faedah buah mengkudu yang lain ialah menyembuhkan batuk. Langkahnya ialah dengan bikin ramuan yang terbagi dalam 1 buah mengkudu serta ½ genggam daun poo (bujanggut). Ke dua bahan itu di rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lantas diminum 2 x satu hari setiap pagi serta sore. 

Obat Sakit Perut 
Manfaat buah mengkudu berikutnya ialah semacam obat sakit perut. Bila Anda atau keluarga terserang sakit perut, ambillah saja 2-3 lembar daun mengkudu. Sesudah dicuci bersih, lalu ditumbuk halus, ditambah garam serta diseduh air panas. Sesudah dingin, airnya disaring serta diminum. 

Menyembuhkan Sakit Kuning 
Bahan yang dibutuhkan ialah 2 buah Mengkudu yang sudah masak di pohon serta 1 potong gula batu. Adapun langkah-langkah untuk membuatnya, buah mengkudu di peras untuk diambil sarinya (air), lalu disatukan dengan madu hingga membaur. Saring airnya, diminum serta diulangi 2 hari sekali. 

Demam, Masuk angin serta Infuenza 
Bahan yang diperlukan ialah 1 buah mengkudu serta 1 rimpang kencur. Ke dua bahan itu di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih serta sampai tinggal 1 gelas. Sesudah dingin, airnya disaring serta rauan itu diminum 2 x satu hari, setiap pagi serta sore. 

Menangani kulit bersisik 
Buah mengkudu yang telah masak di pohon benar-benar mempunyai banyak manfaat. Satu diantaranya untuk kecantikan, buah mengkudu dapat dipakai untuk menghaluskan kulit. Langkahnya, sisi kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu itu hingga rata, serta didiamkan sepanjang 5-10 menit, lalu dibikin bersih dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat. 

Nah, bila Anda ingin merasakan manfaat dan khasiat mengkudu, saat ini Anda tidak perlu repot-repot melakukan seperti hal di atas sebab manfaat dan khasiat mengkudu dapat Anda reguk dari minuman herbal berupa jus mengkudu. Jus mengkudu terbuat dari 100% sari buah mengkudu dan tanpa bahan pengawet. Dengan demikian jus mengkudu benar-benar berkhasiat seperti halnya khasiat yang Anda peroleh saat meminum perasan air mengkudu. Anda perlu jus mengkudu? Segera dapatkan di sini (www.jusmengkudu.co.id)


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "6 Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News