Atasi Maag Dengan Pola Hidup Sehat Dan Hindari Stres

Pola makan yang tidak teratur dan stres merupakan penyebab utama sakit maag. Riset yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan faktor psikis dan pola makan yang tidak sehat menjadi pemicu sakit maag. Lantas bagaimana tips mencegah dan mengatasi penyakit maag?

Penyakit maag bisa disebabkan tuntutan pekerjaan yang begitu tinggi membuat stres dan melupakan waktu untuk makan. Padahal jika tidak segera diatasi, sakit maag yang berawal dari stres yang berkepanjangan apalagi didukung pola makan yang tidak teratur bisa berakibat komplikasi yang berdampak buruk bagi tubuh. Di antaranya akan terjadi infeksi akut pada bagian lambung dan bahkan yang lebih parah adalah kanker lambung.

Maka dari itu jangan anggap remeh penyakit maag jika tidak segera diatasi dengan menjaga pola makan dan atasi stres akibatnya bisa fatal, Anda akan terkena kanker lambung. Dianjurkan agar jangan sekali-kali melewatkan waktu makan. 

Ada tiga tips atau manfaat yang akan diperoleh apabila disiplin diri dengan pola makan yang teratur. Pertama, pola makan teratur bisa menjaga cadangan energi sehingga tubuh selalu sehat dan bugar sehingga dapat melakukan aktivitas tanpa cepat merasa capek atau lelah. Kedua, dengan pola makan yang teratur dapat menjaga lambung agar tidak sampai kosong yang artinya mencegah gangguan perut seperti rasa mual. Perih dan kembung yang dipicu oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Ketiga, pola makan teratur mencegah gangguan metabolisme, di antaranya berbagai penyakit yang berhubungan dengan kolesterol seperti jantung.

Maag itu sangat berhubungan dengan sistem pencernaan khususnya lambung. Lambung yang sehat akan berdampak baik bagi sistem metabolisme khususnya sistem pencernaan. Ingat jadwal makan harus teratur, jenis dan jumlah makanan harus bervariasi jangan itu-itu saja.

Tips tambahan agar terhindar dari sakit maag di antaranya hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman anggur, dan susu full cream. Makanan yang susah dihancurkan dan bisa menahan pengosongan lambung sebab bisa menambah peregangan di lambung seperti kue tar, cokelat dan keju. Makanan yang dapat membuat lemah katup kerongkongan bawah hingga membuat cairan lambung naik ke kerongkongan seperti alkohol, cokelat, gorengan dan makanan tinggi lemak. Makanan berkabohidrat seperti mie, jagung, beras ketan, talas, bihun, ubi, dan singkong.

Selain itu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari maag, setiap orang harus menerapkan pola hidup sehat dan bugar dan harus melakukan 5S yaitu makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat dan lingkungan sehat. Dalam hal makan sehat yang berkaitan dengan sakit maag, kita harus memperhatikan tiga hal, yaitu jumlah, jadwal dan jenis makanan. 


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment