IBX59ED8B2FED208 Cara Menyimpan Data Game Ke Memori Eksternal - Jendela Informasi

Cara Menyimpan Data Game Ke Memori Eksternal

Berapa besar kapasitas dari memori eksternal Anda? Tentunya semakin besar semakin bagus karena Anda dapat menyimpan berbagai file dengan jumlah yang sangat banyak. Akan tetapi hal ini berbeda jika Anda gemar bermain game.

Terdapat beberapa aplikasi di Play Store yang setelah diinstal akan menyimpan file berukuran besar di memori internal. Ambil contoh game seperti Asphalt yang mengambil ruang memori internal untuk menyimpan file data dan save game, dengan tidak memberikan opsi untuk memindahkannya ke memori eksternal. Jika Anda berusaha untuk memindahkannya, seringnya aplikasi tidak dapat mengenali dan justru muncul pesan error.

Jika gadget Anda telah memiliki hak akses root, maka dapat menggunakan bantuan aplikasi bernama FolderMount. Aplikasi ini dapat memindahkan file data game ke memori eksternal, berikut membuat sebuah link virtual ke memori internal. Dengan begitu setelah dipindahkan, game akan menganggap bahwa data berada di memori internal, padahal berada di memory eksternal.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah setidaknya Anda harus menggunakan sebuah microSD dengan Class 10, karena diperlukan kecepatan baca file yang tinggi.

  1. Saat pertama menjalankan aplikasi, maka muncul permintaan hak akses root. Setelah Anda memberikannya, maka aplikasi akan melakukan patching pada file sistem dan proses tersebut memerlukan reboot.
  2. Buka kembali aplikasi. Di sini Anda harus menghubungkan data dari memori internal ke memori eksternal, istilahnya adalah "pair." Buka panel pengaturan aplikasi dengan menyapukan layar dari sisi kiri ke tengah, lalu pilih opsi Apps Analyzer. Di dalamnya terdapat daftar yang terinstal di gadget, berikut file data dan OBB yang tersimpan di memori eksternal.
  3. Contoh di sini adalah akan memindahkan file data dari game Temple Run 2. Tap saja game dan layar berikutnya menampilkan lokasi file Data dan OBB. Anda pun harus membuat sebuah folder pair. Tap tombol Create Pair.
  4. Aplikasi akan meminta apakah Anda tidak apa-apa jika folder tujuan dibuat secara otomatis. Pilih saja iya dan centang opsi auto. Terakhir, centang opsi "Exclude from media scan" dan simpan pengaturan dengan menekan tombol centang di sudut kanan atas.
  5. Jika sudah maka file dari memori internal akan dipindahkan ke folder tujuan yang berada di memori eksternal. Lama tidaknya bergantung dari jumlah data yang ada. Setelah selesai, buka daftar Folder Pair dan pin folder yang sebelumnya telah dibuat. Hal ini akan mengemulasikan folder link virtual pada memory internal dimana sebenarnya semua file disimpan pada memori eksternal.


0 Response to "Cara Menyimpan Data Game Ke Memori Eksternal"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.