Gedung Plaza Parahyangan Bandung

Salah satu pusat perbelanjaan pak'aian di Kota Bandung yang terkenal dengan harga bersahabat dan banyak pilihan terdapat di Plaza Parahyangan. Pusat perbelanjaan ini berada di tengah kota, tepat di sebelah selatan Alun-alun Bandung, diapit oleh Jalan Dewi Sartika dan Jalan Dalem Kaum. Plaza Parahyangan berdiri sejak 1982, sukses sejak awal berdiri dan menjadi tempat tujuan belanja favorit saat itu. Apalagi, di kawasan Alun-alun Bandung ramai pengunjung dan ada beberapa pusat perbelanjaan lain yang berdekatan. Perkembangan tempat tersebut memberi pengaruh besar kepada plaza ini. Pada 1980-an, kawasan Alun-alun menjadi tempat jalan-jalan dan surga belanja di Kota Bandung.

Namun, seiring berkembangnya kota dan banyaknya mal dengan konsep baru, kejayaannya mulai meredup. Plaza Parahyangan hampir-hampir terempas oleh zaman. Apalagi pada 2001 terjadi kebakaran Ramayana yang berada tidak jauh dari sana. Selepas masa sulit itu, manajemen Plaza Parahyangan kemudian mengubah konsepnya. Dengan menggaet para pengusaha distro (distribution store), mal ini kembali bangkit. Plaza Parahyangan terdiri atas 5 lantai, lantai dasar, dan basement. Tempat ini memiliki produk pakaian khas yang kini menyatukan 339 distro. Produk-produk yang ada di setiap distro berupa produk fashion dengan jumlah terbatas hingga terkesan eksklusif. Selain kaus, juga terdapat celana jins, baju, sweter, serta berbagai aksesori seperti topi, ikat pinggang, dan aneka pakaian dengan nuansa aliran musik hardcore atau metal.

Keberadaan ratusan distro di dalam satu gedung itulah yang membuat Plaza Parahyangan dapat dikatakan sebagai pusat distro terbesar di Kota Bandung bahkan Indonesia. Plaza Parahyangan ' mampu beradaptasi dengan kebutuhan zaman dan memanfaatkan setiap kesempatan dengan kreatif. Hal tersebut diawali dengan terciptanya lapangan permainan futsal di lantai lima yang disewakan per jam bernama Parahyangan Futsal Hall. Pada waktu itu, futsal di lapangan sewa merupakan bisnis baru yang belum banyak pemainnya. Hasilnya, dapat menopang bisnis utama yang baru mengisi satu lantai. 

Sekarang, Parahyangan Futsal Hall masih beroperasi dengan memberikan harga sewa khusus bagi pelajar SD, SMP, dan SMA serta kerap menggelar turnamen. Selanjutnya, pihak pengelola menjadikan bisnis pakaian menjadi kian berkembang ditandai dengan menjamurnya distro yang awalnya di tempat itu mampu menghimpun 450 pedagang. Masing-masing mengisi tiap lantai dengan jumlah puluhan tiap lantainya. Hal tersebut membuat Plaza Parahyangan menjadi buruan siapa saja yang ingin berbelanja baju dan celana jins di Kota Bandung. Kaum muda yang mencari pakaian murah membuat mal ini setiap harinya tidak pernah sepi. Pada akhir pekan, pengunjungnya kadang membeludak, tidak hanya dari dalam kota, tetapi banyak pula pengunjung yang berasal dari luar Bandung.  [PRM 11/01/2015]


Nama : Plaza Parahyangan
Alamat : Jalan Dalem Kaum No. 54, Regol, Kota Bandung .
• Fungsi : Pusat perbelanjaan pakaian
• Jumlah Distro : 339
• Pengelola      : PT Almakana Sari
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment