Jenis Jilbab Instant dan Cara Perawatannya

Jilbab Instant adalah salah satu jenis jilbab yang populer di pasaran. Disebut instant karena sangat praktis untuk dikenakan. Lain halnya dengan jenis kerudung yang berbahan kain, dimana Anda harus mengkreasikan modelnya untuk bisa membentuk hijab yang diinginkan. Jadi, apabila Anda tidak cukup banyak waktu untuk itu, sebaiknya kenakan model jilbab yang langsung pakai.

Mengenakan jilbab merupakan bagian yang diwajibkan menurut syariat bagi wanita Muslim. Pakaian yang difungsikan sebagai penutup atau pelindung bagian kepala ini, melengkapi pemakaian busana Islami yang panjangnya mencapai bagian pergelangan tangan dan kaki. Seiring berjalannya waktu, pakaian-pakaian tersebut semakin variatif desainnya, mengikuti perkembangan mode. Di Indonesia sendiri, para perancang seolah berlomba menawarkan koleksi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pasar akan busana Muslim yang semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin sadarnya para wanita akan kewajibannya menutupi aurat dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya.

Berhijab kini bukanlah sebatas kewajiban mengikuti syariat, tetapi juga mengandung unsur fashion. Tren-tren model jilbab juga terus bermunculan. Awalnya Jilbab Instant dengan aksen tali menjadi pilihan dominan setelah model kain selendang yang digunakan sebatas menutupi bagian kepala yang biasanya melengkapi pakaian kebaya. Kemudian, model modifikasi membanjiri pasaran dengan bahan kain pashmina, syal dan paris. Pemakaiannya memang tidak praktis, namun memberikan keleluasaan bagi pemakainya untuk berkreasi pada bentuk jilbab yang akan dikenakan.

Kini, tuntutan untuk melakukan segala sesuatu dengan cepat dan padatnya aktivitas yang dijalani oleh para Muslimah di era modern, menggugah kreatifitas desainer untuk menciptakan produk yang praktis, yaitu Jilbab Instant. Tidak seperti gaya sebelumnya yang terkesan monoton, kini hijab langsung pakai dibuat lebih modis sehingga pemakainya tidak hanya akan merasa nyaman tetapi juga percaya diri. Bahkan banyak jilbab yang desainnya mengikuti gaya berhijab para artis.  

Beberapa jenis jilbab langsung pakai yang ada di Indonesia adalah:
  • Instan modifikasi – modelnya bermacam-macam. Desainnya praktis, hanya perlu dililitkan sesuai kebutuhan. Selain praktis, Jilbab Instant jenis ini juga trendi karena ditambahi dengan detail aksen menarik seperti model ruffle dan macam-macam motif.
  • Khimar – termasuk kerudung yang menutupi kepala hingga ke bagian dada dan bahkan sampai ke tangan. Biasanya dibuat dalam bentuk bergo dengan desain monoton satu warna dan polos. Namun kini, pilihannya semakin variatif dan modis dengan tambahan aksen seperti payet, rajut, renda dan layer. Dengan begitu, pemakai khimar dapat lebih percaya diri karena jilbabnya tidak lagi membosankan. Yang terpenting, modelnya tetap sesuai dengan syariat.
  • Jilbab lengan – memiliki fungsi doble sebagai baju dan jilbab yang dibuat secara khusus dengan menambahkan bagian lengan langsung pada jilbab. Model ini dapat menjadi solusi praktis saat terburu-buru dimana Anda dapat segera mengenakannya saat masih memakai pakaian berlengan pendek. Biasa didesain dalam bentuk yang longgar, jenis Jilbab Instant satu ini sangat cocok bagi yang bertubuh kurus agar terlihat lebih berisi.
  • Hoodie – mirip dengan hasil kreasi syal atau pasmina, jilbab ini berbentuk seperti hoodie jaket dan sangat mudah dikenakan. Inspirasi awal didapat oleh zaskia sungkar yang kemudian menciptakan jilbab jenis hoodie ini dan kemudian semakin dikenal masyarakat setelah sering dikenakan oleh adiknya, shireen sungkar. Jilbab ini dapat menjadi alternatif praktis dari pashmina. Warna dan motifnya beragam serta bahan pembuatannya juga nyaman.
  • Bergo – jenis jilbab langsung pakai paling umum dengan pet atau bantalan spon di bagian depannya. Cukup kenakan dengan memasukkannya ke kepala dan rapikan, maka Anda siap beraktivitas. Walaupun simpel, kini jilbab bergo didesan lebih modis dengan tambahan bermacam-macam detail aksen. Anda sendiri juga bisa menambahkan bros untuk menampilkan kesan feminin. Bahan dan ukuran bergo sendiri bervariasi, yang bisa dipilih sesuai keinginan.
  • Cape – memiliki potongan seperti mantel tanpa lengan, tetapi memiliki tambahan penutup kepala yang dijadikan sebagai kerudung. Bentuknya yang simpel dan mudah dipakai dapat menampilkan kesan kasual yang dapat di padupadankan dengan rok atau celana panjang.

Jilbab Istant memang menawarkan kelebihan dalam hal kepraktisan. Anda tidak perlu melilitkan dan menggunakan penjepit atau peniti untuk menjaga bentuk jilbab. Awalnya, desain hijab ini sangat standar dengan warna polos serta lebih sering dipakai pada kesempatan non formal seperti jalan-jalan, ke pasar, berolahraga dan lain sebagainya. Para muslimah cenderung memilih menggunakan jilbab dari kain untuk acara formal dan mereka menghabiskan banyak waktu untuk mengenakannya. Namun, dewasa ini, model jilbab langsung pakai semakin modis sehingga bisa dipadupadankan dengan gamis untuk keperluan acara resmi.

Saat Anda memutuskan untuk selalu berhijab di berbagai kesempatan, tentunya Anda perlu menambahkan koleksi jilbab agar dapat berganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Walaupun Anda mampu menyiapkan dana khusus untuk secara rutin berbelanja, tetap pastikan Anda merawat jilbab yang telah dimiliki agar awet umur dan kualitasnya. Begitupun dengan koleksi jilbab Anda. Seperti halnya item fashion atau busana yang lain, kerudung juga harus dicuci dengan cara yang tepat.

Cara merawat Jilbab Instant perlu disesuaikan dengan bahannya. Salah satu yang paling digemari oleh kaum hawa adalah hijab langsung pakai berbahan sifon. Bahan ini terbuat dari kapas, sutra atau fiber sintesis. Ada beberapa jenis sifon yaitu cerutti, hycon dan crepe dimana masing-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Secara umum, bahan sifon termasuk transparan, sehingga diperlukan dalaman saat memakainya.

Bahan sifon juga memiliki tekstur agak licin sehingga gampang rusak. Berikut ini tips perawatannya agar Jilbab Instant Anda awet:
  • Hindari penjemuran di bawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan warna bahan ini cepat memudar.
  • Hati-hati dengan noda minyak. Apabila terlanjur, gunakan bedak tabur dengan cara ditabur di atasnya, kemudian dikucek sebentar dan cuci seperti biasa.
  • Lapisi jilbab tersebut dengan kain saat hendak menyetrikanya. Cara ini dimaksudkan untuk mencegah kerutan atau Anda bisa terlebih dahulu mengatur suhu setrika yang sesuai dengan bahan tersebut.
  • Gantung jilbab setelah selesai disetrika untuk menjaga bentuknya.

Jilbab langsung pakai telah menjadi tren tersendiri di kalangan Muslimah. Selain praktis, desain serta motif yang semakin beragam, menawarkan style fashion yang sesuai dengan perkembangan jaman. Ambil contoh Jilbab Instant yang merupakan hasil modifikasi dari desain jilbab berbahan kain pashmina atau syal. Model seperti ini sering dikenakan oleh selebritis sehingga mampu membius kaum Hawa untuk mengenakan produk yang sama.

Dengan adanya jilbab yang dapat langsung dipakai dengan gaya modifikasi fashionable, Anda dapat leluasa memakainya di berbagai kesempatan. Tidak hanya untuk acara non formal, hijab jenis ini juga sangat sesuai untuk menghadiri acara formal. Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu mengikuti tutorial hijab modis yang terkesan ribet dan membingungkan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan koleksi hijab Anda dengan Jilbab Instant modern. Jilbab Instant modern bisa Anda dapatkan di sini.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment