Resolusi Kesehatan Tahun 2015, Sehat Itu Mudah Dan Murah

Menyambut datangnya tahun yang baru biasanya dimaknai dengan segala pengharapan dan keinginan agar hidupnya menjadi lebih baik. Hidup yang berkualitas itu pun harus diakui lekat dengan tubuh yang sehat dan fit. Jika terbiasa membuat rencana atau resolusi, pada tahun 2015 ini tak ada salahnya mencantumkan kebugaran tubuh sebagai targetnya.

Untuk menjadi sehat biasanya kerap terganggu dengan mahalnya "biaya investasi". Padahal, tubuh sehat bisa dibuat mudah, bahkan murah. Caranya, buat resolusi kesehatan yang terukur, mulai dari sekarang, dan mulai dari hal kecil. Beberapa di antaranya malah teorinya sudah hafal di luar kepala, tetapi tak jarang belum juga dilakukan..

Beberapa hal dasar yang bisa menjadi acuan masyarakat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Berikut adalah salah satunya:

Cuci tangan pakai sabun
Dokter ataupun tempat pelayanan kesehatan kerap kedatangan pasien yang memiliki keluhan yang sebenarnya bisa dihindari dengan hanya mencuci tangan memakai sabun. Aktivitas itu bisa mengurangi hingga 70% penyebab penyakit seperti diare, flu, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), bahkan jerawat. Jika sulit melakukannya karena terhalang aktivitas, ada dua momen penting yang bisa diingat untuk selalu mencuci tangan memakai sabun, yaitu setelah keluar dari toilet dan sebelum makan.

Mungkin untuk kebanyakan tempat di dalam toiletnya tak menyediakan sabun. Untuk ini, kita bisa menggunakan hand sanitizer yang juga berperan sebagai antiseptik untuk menangkal melekatnya kuman ke tangan Karena tanpa disadari, ada banyak benda di sekeliling kita yang jadi temapt bersarangnya kuman, seperti kenop pintu, telefon genggam, atau besi pegangan di bus.

Minum air 10 gelas sehari
Toori ini tentu saja sudah tak asing lagi didengar. Tapi, masih banyak orang yang mengalami dehidrasi hingga kaum wanita yang kerap mengalami infeksi saluran kemih. Banyak yang enggan minum air putih banyak karena khawatir beser (sering buang air kecil). Padahal, memang itu tujuannya karena cairan yang masuk akan sama dengan cairan yang keluar untuk membuat tubuh tetap terjaga kualitas cairannya.

Dengan rutin minum air putih hingga 10 gelas per hari, akan melancarkan sirkulasi darah karena 70% organ tubuh memerlukan air untuk bekerja optimal. Jika kekurangan air biasanya akan menimbulkan gejala ikutan seperti darah rendah atau pegal-pegal karena air juga diketahui sebagai pelumas sendiri. Untuk membiasakan rutin minum air mineral, disarankan selalu menyediakan botol minum dalam ukuran desar di dekat kita seperti di meja kerja atau di tas, lalu biasakan mencicil untuk minum karena minum dalam jumlah banyak bisa mendorong untuk ingin buang air kecil, serta biasakan setelah bangun tidur langsung minum segelas air mineral.

Olah raga dengan tepat
Ada dua golongan masyarakat pada umumnya mengenai olah raga, yaitu yang malas berolahraga dan yang terlalu ekstrem melakukannya. Keduanya tidak disarankan secara medis. Bagi yang malas berolah raga, cuknp melakukannya setengah jam saja Jenis olah raga yang dianjurkan pun dengan tingkat ringan-sedang seperti senam di rumah atau joging, lalu lakukan minimal 3 kali seminggu dan maksimal 5 kali dalam sepekan.

Sementara bagi penggemar olahraga, sangat tidak disarankan untuk memporsir tubuh. Sesuaikan pula dengan usia. Ada baiknya sebelum berolahraga menghitung denyut nadi terlebih dahulu dengan ramus 70% x (210 - usia). Rumus ini dapat membantu mengetahui jenis olahraga apa yang tepat untuk seusia Anda.

Istirahat yang cukup dan berkualitas
Ini sebetulnya paling gampang. Istirahat di sini maksudnya tidur. Namun tak sembarang tidur, melainkan tidur yang baik dan tepat Dalam satu hari, orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam saat malam hari dan 30 menit pada siang hari untuk merecharge tubuhnya. Penelitian menye-butkan, hal ini dapat mencegah hipertensi. Berbeda dengan orang yang kerap tidur kurang dari 6 jam diketahui akan lebih stres karena pembuluh darah sering kontraksi dan tidak rileks.

Perlu diingat, kualitas tidur malam tidak bisa diperpanjang hingga pagi hari. Ini karena tubuh kita memiliki irama sirkadian di mana ada jam-jam tertentu untuk istirahat (malam). Jadi, ketika sudah pagi (siang), tubuh sudah mengatur sistemnya untuk bekerja, bukan istirahat Jika ditabrak, bisa jadi masalah untuk keseluruhan organ.

Berhenti merokok
Untuk yang satu ini, "Tidak ada ada orang yang tidak bisa berhenti merokok. Yang ada yaitu tidak mau berhenti!" Ilmuwan Jepang pernah melakukan percobaan pada dua orang yang merokok dan yang berhasil berhenti. Hasilnya tenyata disimpulkan, ada susunan gelombang otak yang menyatakan upaya untuk berhenti merokok itu benar-benar dari keinginan pribadi. bukan kondisi lain yang membuat perokok tidak mampu berhenti.

Resepnya memang keinginan dari diri sendiri. Dan jika ingin berhenti merokok, Anda bisa memulainya dengan mendorong mindset Anda berubah. Dari "Ah berhenti merokok itu sulit, lemas, dll." menjadi "Oh ternyata banyak juga perokok lain yang sukses berhenti merokok. Jika mereka bisa, saya juga pasti bisa."

Kesehatan seharusnya tak sekadar jadi resolusi untuk mengisi hidup kita dalam satu tahun. Karena pada hakikatnya, kesehatan adalah rezeki terbesar yang kita miliki. Adapun ciri-ciri seseorang yang sehat antara lain angka kesakitan yang menurun atau idealnya orang dewasa dapat sakit dua kali dalam setahurr.

Upaya medical check-up juga penting sebagai upaya preventif untuk mengenali tubuh kita sendiri. Idealnya, enam bulan hingga setahun sekali dilakukan. Yang paling penting dari medical check-up adalah profil lemak, cek darah rutin, dan gula darah. Untuk mereka yang di atas 40 tahun bisa ditambahkan EKG untuk cek jantung.

Hal penting lainnya terkait menjaga tubuh tetap sehat adalah tidak buang sampah sembarangan. Logikanya, jika lingkungan bersih, kita pun tidak mudah terserang penyakit. Selain untuk diri sendiri, upaya menjaga lingkungan tetap bersih juga menjadi keuntungan bagi orang lain. [Revisi :PRM 28/12/2014]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment