iklan space 728x90px

Kudapan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal dapat menyerang siapa saja, terutama mereka yang sudah menderita penyakit serius. Gagal ginjal sering dialami orang dewasa dan lanjut usia. Pada mereka ada batasan-batasan konsumsi yang harus diperhatikan betul.

Diet untuk penderita Gagal Ginjal Kronis syaratnya adalah Energi cukup, yaitu 35 kkal/kg BB, Protein rendah, yaitu 0,60 - 0,75g/kg berat badan (BB) dan diberikan jenis protein yang bernilai biologis tinggi atau protein hewani. Sedangkan Lemak diberikan cukup, yaitu 20 - 30 % dari kebutuhan energi total, diutamakan lemak yang tidak jenuh ganda seperti minyak jagung dan minyak zaitun. Natrium dan cairan dibatasi sesuai kondisi pasien, vitamin diberikan cukup. Hindari makanan yang tinggi kalium seperti alpukat, pisang, jeruk, melon, brokoli, sayuran hijau, tomat, dan lain-lain.

Pola makan penduduk Indonesia biasanya 3 kali makan utama (pokok) dan 2 kali selingan, penderita Gagal Ginjal Kronik umumnya kesulitan untuk memilih kudapan yang sesuai dengan syarat diet. Bahan makanan yang dianjurkan untuk menyiapkan kudapan adalah dari bahan jagung, umbi-umbian, tepung-tepungan, gula serta madu. Bahan makanan yang dihindari adalah adalah protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan), buah dan sayur tinggi kalium, kafein, soft drink, dan makanan awetan dengan penambahan sodium. Pembataian natrium dan cairan dltentukan oleh tekanan darah pasien, kadar elektrollt, jumlah urin dan berat badan.

Bahan pangan yang sering digunakan sebagai kudapan yang tepat bagi penderita penyakit Gagal Ginjal Kronik (GGK) sebagai berikut:

Jagung manis
Jagung manis merupakan bahan makanan sumber Karbohidrat, tetapi kandungan kalorinya lebih rendah dibanding beras (86 Kkal/100 gr). Jagung manis juga mengandung nutrisi penting dari kelompok vitamin B-kompleks, seperti thiamin, niacin, asam pantotenat, folat, riboflavin, dan piridoksin yang pada pasien GGK sering mengalami defisiensi vitamin larut air. Pada jagung mengandung pula beberapa mineral penting seperti
seng, magnesium, tembaga, besi dan rendah kalium dan natrium sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

Ubi jalar
Ubi jalar merupakan bahan makanan dengan energi yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan beras (83 kkal/100 g). Ubi jalar mengandung protein dan lemak yang rendah sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan pasien GGK, yaitu Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6, dan Asam pantotenat. Kandungan kalium pada ubi jalar cukup tinggi, untuk menyiasati sebaiknya ubi direndam selama 4 jam dan dilakukan pengukusan sebelum diolah, sehingga kadar kalium turun.

Tepung terigu
Tepung terigu baik diberikan untuk kudapan GGK, karena rendah kalium, natrium dan protein, sehingga tidak memberatkan kerja ginjal.

Minyak jagung
Minyak jagung merupakan salah satu contoh minyak yang mengandung asam tidak jenuh ganda yang baik untuk pasien GGK. Adapun minyak lain yang dianjurkan adalah minyak canola, minyak kedelai, minyak biji bunga matahari dan minyakzaitun. Minyak ini dianjurkan untuk meringankan kerja ginjal. 

Contoh Resep Kudapan untuk Pasien Gagal Ginjal


Muffin Jagung (8 porsi)
Nilai gizi tiap porsi :
Energi : 172,4 kkal
Protein : 3,59 g
Lemak : 7,53 g

BAHAN:
Telur 1 butir , 
Susu cair 100 ml 
Minyak jagung 40 ml
Tepung terigu 125 g
Gula pasir 60g
Jagung manis 125 g 
Vanili secukupnya , 
Baking powder 1 sdm

CARA MEMBUAT:
Campur telur, susu dan minyak. Aduk hingga rata
Masukkan tepung, gula, baking powder dan vanilla. Aduk sampai rata
Masukkan jagung manis pipilan ke dalam adonan. Aduk rata.
 Beri alas pada cetakan muffin, tuang adonan sampai 3/4 cetakan
Panggang dalam oven dengan suhu 180 "C selama 20 menit.
Sajikan

Klepon Ubi (6 porsi)

BAHAN: y Ubi 350 g
Tepung Sagu 100 g
Gula merah 125 g 
Kelapa parut 200 g 
Daun pandan 1 lb 
Garam 1/2 sdt

Nllai gizi tiap porsi :
Energi: 146,3 kkal 
Protein : 1,87 g 
Lemak: 0,48 g

CARA MEMBUAT:
Kukus ubi dan haluskan 
Sisir gula merah
Kukus kelapa parut dengan garam dan daun pandan
Campurkan ubi halus dengan tepung sagu, uleni ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan gula merah, tutup dan bentuk adonan bulat.
Masukkan bulatan ubi ke dalam air mendidih, rebus hingga matang dan terapung. Angkat dan tiriskan
Balur dan gulingkan seluruh permukaan klepon dengan kelapa parut. 
Sajikan.

Lumpur Ubi (10 porsi)
Nilai gizi tiap porsi
Energi : 146,47 kkal
Protein : 3,39 g
Lemak : 8,1 g

BAHAN :
Ubi 120 g 
Margarine 50 g
Gula 50 g
Tepung terigu 75 g
Telur 3 butir
Santan 200 ml
Kismis secukupnya
Kukus ubi dan haluskan 

Cara Membuat :
Kukus ubi dan haluskan 
Panaskan margarine hingga cair, diamkan supaya dingin 
Telur dikocok lepas, campurkan gula, tepung, margarine cair, santan, aduk hingga homogen
Tambahkan ubi kukus, aduk hingga rata 
Panggang pada cetakan lumpuryang sudah diolesi mentega 
Sajikan
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kudapan Untuk Penderita Gagal Ginjal"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News