IBX59ED8B2FED208 Cara Mengolah Ikan Tanpa Amis - Jendela Informasi

Cara Mengolah Ikan Tanpa Amis

Siapa yang tidak menyukai menu olahan ikan? Sepertinya hampir semua orang menyukainya. Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi ikan sangat bagus terutama pada masa pertumbuhan, dan mudah dicerna. Tak heran ikan disebut sebagai makanan kecerdasan.

Namun, sebagian orang; enggan mengonsumsi ikan dengan berbagai alasan, seperti banyaknya tulang halus dalam daging ikan hingga bau amis.

Nah, untuk menghindari bau amis saat mengolah ikan, chef sekaligus pemilik Imah Seniman, Bob Doank, memiliki carajitu. Dia biasanya mengaplikasikan cara ini untuk setiap menu ikan yang diolah.
  •  Gunakan garam dan perasan air jeruk
Awalnya, cuci ikan di air mengalir. Bilas ikan hingga bersih, hingga ke sela-sela terdalam, karena ada kotoran hitam yang terdapat di bawah kepala ikan yang menjadi sumber bau amis. Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan tambahkan air jeruk nipis atau jeruk lemon, oleskan sampai rata. Untuk 1 kilogram ikan llaut dibutuhkan sekitar 3-4 sendok makan air jeruk lemon. Untuk ikan air tawar, dibutuhkan 2 sendok makan air jeruk. Ikan dicuci kembali. Lakukan hal yang sama 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri garam dan jeruk nipis, diarnkan selama 20 menit, lalu dicuci bersih lagi sebelum dioleih.

Penggunaan garam bertujuan agar minyak ikan berbau amis yang masih menempel dapat keluar melalui bantuan garam. Apabila Anda penderita darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam, pemakaian garam dapat dihilangkan. Penggunaan air jeruk lemon di samping menghilangkan bau amis juga berfungsi menurunkan kadar asin yang di kandung ikan. Di samping itu, juga agar ikan masih dalam kondisi segar saat memasaknya.
  • Digoreng
Jika orang lain memilih bahan-bahan lain seperti cuka, asam jawa, daun serai, jahe, bawang putih, dan sebagainya, Bob lebih memilih cara yang lebih simpel, yaitu menggorengnya. Dengan menggoreng, amis menjadi hilang. Setelah digoreng, baru diolah lebih lanjut seperti menjadi sup ikan, gulai ikan, dan sernacamnya.

"Dengan digoreng, rasa menjadi lebih legit, bau harumnya juga keluar," ucap Bob.
Akan tetapi, untuk orang yang menomorsatukan kesehatan dengan menghindari minyak goreng, Bob tidak merekomendasikan cara ini.

0 Response to "Cara Mengolah Ikan Tanpa Amis"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.