IBX59ED8B2FED208 Manfaat Teknologi Jaringan Internet 5G - Jendela Informasi

Manfaat Teknologi Jaringan Internet 5G

Teknologi jaringan internet adalah konsep teknologi yang memiliki software untuk mendefinisikan skema radio dan modulasi yang dapat di-download melalui internet. Bisa ditarik kesimpulan bahwa teknologi jaringan internet 5G ialah jaringan wireless berbasis teknologi jaringan generasi kelima. Teknologi internet 5G kecepatan datanya dapat mencapai hingga 1 Gbps.

Teknologi jaringan internet 5G saat ini belum menjadi istilah resmi yang digunakan, karena dokumen resmi belum diumumkan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi atau badan standarisasi, seperti WiMAX, ITU-R, dan 3GPP.

Profesor Andy Sulton menyatakan, bahwa jaringan 5G akan terdiri dari sejumlah sel yang mendukung kecepatan puncak antara 10 dan 100 Gbps. Teknologi tersebut disebut ultra low latency, yang berarti data akan diambil 1-10 milidetik lebih cepat dibandingkan dengan 4G, sekira 40-60 milidetik.

Kecepatan teknologi jaringan internet 5G ini bisa digunakan untuk para penggila download atau menonton video dengan resolusi HD via internet. Dengan kecepatan yang ditawarkan dari teknologi baru ini, sebuah film yang berukuran 1 GB, dapat diunduh dalam kurun waktu sedetik.

Pada tahun 2020, sekitar 50 miliar perangkat elektronik diharapkan dapat terhubung dengan teknologi jaringan internet 5G. Apalagi teknologi jaringan internet terbaru ini terintegrasi dengan Internet of Things (IoT).

Dengan mengunakan teknologi jaringan internet 5G, nantinya pengguna smartphone dapat terhubung dengan laptop atau komputer dengan akses internet broadband. Teknologi jaringan internet terbaru ini juga dapat kompatibel dengan berbagai macam alat elektronik lainnya. Teknologi jaringan internet terbaru dapat memberikan 1000 kali lipat kapasitas, dibandingkan dengan teknologi jaringan internet sebelumnya.

Selain itu, kemampuan akses datanya meningkat mulai 10 hingga 100 kali lipat dari teknologi jaringan internet sebelumnya. Tidak hanya itu, konsumsi energi dapat turun hingga 90 persen, dengan menggunakan teknologi jaringan internet terbaru.

Perangkat yang terhubung dengan teknologi jaringan internet 5G dapat memilih salah satu dari bandwith yang berbeda. Hal ini berguna untuk menghindari overload frekuensi. Teknologi jaringan internet terbaru ini dikatakan unbreakable, yang berarti tidak ada penurunan dalam masalah komunikasi.

Teknologi jaringan internet 5G mempunyai banyak manfaat. Berikut berbagai manfaat dari teknologi jaringan internet terbaru, yakni sebagai berikut:

  • Internet of Things
Internet of Things (loT) atau yang dikenal internet untuk semua benda saat ini sedang populer. Intinya, di masa depan, akan bermunculan benda-benda yang saling berhubungan satu sama lain dengan teknologi internet.

Pada tahun 2018, Cisco memprediksi bahwa trafik data pengguna mobile phone akan naik 18 kali lipat dibanding tahun ini. Hal ini dipicu oleh hadirnya perangkat yang saling berhubungan satu sama lain dengan teknologi internet.

Implementasi loT mendatang pastinya beragam, di antaranya konsep Smart City. Konsep Smart City ialah konsep di mana berbagai perangkat dan sensor dipasang di berbagai infrastruktur kota. Hal ini berguna untuk mengawasi keadaan kota tersebut. Misalnya, sensor dipasang di jalan protokoi. Pada saat terjadi kemacetan, sensor tersebut menyebarkan infor-masi ke khalayak, bahwa jalan protokoi tersebut saat ini sedang macet. Implementasi IoT yang lainnya seperti implementasi basis. Implementasi basis contohnya, kulkas yang terhubung dengan perangkat smartphone Anda. Jika persediaan makanan di dalam kulkas tersebut akan habis, kulkas tersebut memberitahukan lewat perangkat smartphone Anda.

  • Perangkat Kesehatan Masa Depan
Saat ini, sudah terdapat beragam perangkat smartphone yang telah dibekali layanan sensor kesehatan, seperti gelang dan jam tangan pintar. Bahkan smartphone pun sekarang sudah ada yang dibekali dengan sensor detak jantung.

Di masa yang akan datang, teknologi jaringan internet 5G diprediksi akan menjadi salah satu aplikasi
terbesar mobile health. Perangkat wearablenya pun mampu untuk memberi kesehatan penggunanya secara real time setiap harinya. Dengan adanya teknologi jaringan internet terbaru, membuat perawatan kesehatan dapat dilakukan secara mobile.

  • Event Olahraga (Olimpiade)
Olimpiade terkadang merupakan sebuah ajang untuk unjuk gigi teknologi terbaru. Olimpiade musim dingin tahun 2018 akan digelar di Pyeongchang, Korea Selatan, sedangkan olimpiade musim panas 2022 akan digelar di Tokyo, Jepang.

Kedua negara Asia tersebut, terkenal dengan negara yang mengembangkan teknologi jaringan internet 5G. Jadi, tak mungkin bahwa ajang olimpiade tidak dijadikan menjadi ajang untuk memamerkan implementasi teknologi jaringan terbaru yang super cepat itu. Hal tersebut sudah pernah dilakukan pada olimpiade tahun 1964 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, yang menyiarkan gambar berwarna melalui satelit.

  • Mobil Saling Terhubung
Mobil otomatis besutan Google yang dapat berjalan sendiri tanpa adanya pengemudi, merupakan salah satu dari permulaan teknologi canggih yang ada saat ini. Koneksi teknologi jaringan internet di masa depan memungkinkan kendaraan bermotor dirancang untuk saling berkomunikasi, sarana hiburan, maupun navigasi.


Cisco memprediksi teknologi mobil yang dapat terhubung dengan infrastruktur mobil lainnya. Dengan teknologi yang saling terhubung satu dengan yang lain, membuat mobil pintar tersebut dapat memberi peringatan kecepatan mobil, posisi kendaraan, dan masih banyak fitur lainnya yang dapat menginformasikan secara real time untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

  • Pertumbuhan Ekonomi
Alasan utama beberapa negara Eropa dan Asia berkomitmen untuk mengembangkan teknologi jaringan internet 5G ialah potensi untuk mengembangkan ekonomi negara tersebut di masa depan.

Dengan adanya teknologi jaringan internet 5G pastinya akan membuat penemuan baru dan inovasi untuk membuka lapangan kerja baru. Hal tersebut mengapa negara Uni Eropa dan Korea Selatan sedang mengembangkan teknologi jaringan internet 5G.

Di Eropa, pebisnis mulai meminta pemerintah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur komunikasi mobile. 

0 Response to "Manfaat Teknologi Jaringan Internet 5G"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.