9 Contekan Biar Lulus Ujian

Ujian akhir atau ujian semesteran sudah jadi kegiatan rutin buat siswa juga buat sekolahnya.Makanya, harusnya ujian bukan menjadi momok seperti pocong  dan sejenisnya. Kegiatan ujian justru menjadi momen penting di mana siswa menunjukkan kemampuannya memahami  pelajaran yang sudah diberikan oleh guru di sekolah, pelajaran yang sudah diterima dan dipelajari selama setiap 6 bulan.

Tapi seperti jamaknya ujian, ada saja presure-nya yang dirasakan oleh tiap siswa. Mereka tidak bisa membayangkan kalau nilai ujiannya sampai jeblok. Saking stresnya, bukan tidak mungkin persiapan ujian yang udah setengah mateng itu malah jadi kacau. Konsentrasi belajar susah. Apalagj kalau faktor-faktor yang lainnya, ikut-ikutan juga. Misalnya ortu yang kelewat sibuk sampai kebutuhan perlengkapan ujian, seperti pensil. penggaris. kalkulator menjelang hari H belum komplit sama sekali.

MakinSiapMakin Baik
Selain persiapan fisik, seperti alat-alat tulis yang dibutuhkan saat ujian, kamu juga harus menjaga kondisi tubuh, supaya tetep sehat pada saat ujian. Kondisi tubuh yang sehat juga harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Belajar "wayangan" semalaman suntuk menjelang ujian nggak cuma mempertaruhkan kesehatan kamu tapi juga nggak akan ada hasilnya. Otak kamu nggak akan sanggup menyerap pelajaran 6 bulan dalam waktu semalam, apalagi dengan kondisi kesehatan yang nggak prima.

Mumpung belum terlambat, ujian semesteran, trus disambung ujian nasional, mendingan bikin persiapan yang matang. Banyak sih yang bisa diusahain supaya hasil ujian bisa lebih baik. Tapi paling nggak, dengan prepare beberapa hal, kamu lebih siap ujian dan hasilnya bisa lebih bagus dari pada nggak siap sama sekali. Dari banyak hal yang harus disiapin, saya kumpulin beberapa dulu yang bisa kamu ikutin.

1. Jangan  Telat  dan   Bawa Peralatan Komplit!
Selain siap menjawab soal-soal ujian, jangan lupa bawa alat-alat tulis yang dibutuhkan. Mulai dari pensil, pulpen, penghapus (tip-ex), penggaris, kalkulator bahkan kamus. Membawa semua peralatan yang dibutuhkan, membuat kamu bisa konsentrasi penuh ke materi ujian tanpa diganggu oleh pernak-pernik sepele, tentang alat-alat tulis dan satu lagi, jangan datang telat!

2. Tenang dan Yaki
Gimanapun kondisinya, yakin kan diri kamu, kalo kamu udah siap menghadapi ujian. Jangan berpikir lainnya, yang justru akan mengganggu konsentrasi kamu. Yakin bahwa kamu sudah belajar maksimal, dan sekarang udah siap banget ngikutin ujian.

3. Baca Semuanya
Hitungjumlah semua soalnya, dan sesuaikan dengan waktu yang disediakan. Maksudnya supaya kamu nggak salah berapa banyak soal-soal ujiannya. Jangan sampe salah hitung aja, soal 100 kamu pikir cuma 50.

4. Jawab Secara Strategis.
Jawab duluan, soal yang mudah buat kamu. Trus yang lebih susah sampe yang susah banget. Pilih prioritas menjawab soal yang nilainya tinggi. Soal yang perlu waktu banyak buat ngejawabnya, atau yang nilainya kecil banget, mendingan dijawab belakangan.

5. Berpikir Taktis
Menjawab soal pilihan berganda, selain berusaha menjawab dengan tepat, bisa juga didekati secara taktis. Caranya, tinggalin jawaban yang kamu tau, jelas-jelas salah. Jangan menjawab lebih dari satu pilihan, kemungkinan salahnya malah akan lebih besar. Biasanya pilihan pertama banyak benernya, kecuali kamu   yakin   banget,   boleh dikoreksi.

6. Jangan Buru-buru Menjawab
Khusus soal ujian yang bentuknya esai, jangan terburu-buru menulis jawaban. Buat dulu kerangka singkat jawaban dengan mencatat ide-idenya. Nomori ide-ide tersebut buat diurutin mana yang harus duluan dan mana yang berikutnya.

7. Langsung ke Poinnya
Buat jawaban esai, alinea pertama isinya jawaban utama, baru dilanjut ke alinea seterusnya, buat menjabarkan poin-poin utama secara detil. Jangan seperti sedang mengarang, ya. Cukup ditulis singkat, padat tapi jelas.

8. Dikoreksi Lagi
Periksa lagi jawaban ujian kamu sebelum meninggalkan ruangan. Coba baca sekali lagi dengan teliti. Nggak usah pengen cepet-cepet kabur dari kelas, deh. Mendingan sempetin waktu buat koreksi ulang jawaban kamu. Periksa lagi, siapa tau ada ejaan atau struktur bahasa yang kurang pas. Buat urusan hitung-hitungan, lebih-lebih lagi, harus ekstra teliti. Jangan malas ngecek dan ricek.

9. Analisa Hasil
Satu poin lagi yang juga penting, yaitu menganalisa hasil ujian. Langkah ini bisa ngebantu kamu di ujian berikutnya. Paling nggak kamu jadi tau jawaban yang salah, biar ujian berikutnya bisa lebih baik lagi dan lulus ujian dengan nilai maksimal.

0 Response to "9 Contekan Biar Lulus Ujian"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.