IBX59ED8B2FED208 Ampas Kopi Jadikan Rambut Lebat Dan Berkilau - Jendela Informasi

Ampas Kopi Jadikan Rambut Lebat Dan Berkilau

Kopi tak hanya dijadikan minuman pengusir kantuk dan teman bersantai. Kopi juga memiliki manfaat lain, termasuk untuk kecantikan. Ketika minum kopi, jangan buang ampasnya. Gunakan ampas kopi untuk perawatan rambut karena dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Alhasil rambut akan terlihat lebih lebat dan berkilau. Seperti apa?

Pertumbuhan rambut yang cepat merupakan keinginan setiap orang, namun setiap orang memiliki tingkat pertumbuhan rambut yang berbeda. Ada orang-orang yang tingkat pertumbuhan rambutnya cukup lambat bahkan ada yang tidak tumbuh atau memiliki rambut yang tipis. Akibatnya banyak yang mencari perawatan rambut pada salon kecantikan dengan harga yang mahal. Ada juga yang rela menggunakan bahan kimia untuk menyuburkan rambut agar rambut dapat tumbuh dengan cepat.

Sebenarnya pertumbuhan rambut yang lambat dan rambut yang tipis bisa diatasi dengan bahan alami, yakni ampas kopi. Kopi yang memiliki manfaat penting bagi tubuh untuk kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit diabetes melitus tipe II, juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan mood, mengatasi selulit hingga mempercepat pertumbuhan rambut atau menyuburkan rambut.

Manfaat Kopi
Kopi merupakan jenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang terlebih dahulu dikeringkan dan kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Secara umum ada dua jenis biji kopi yaitu arabika dan robusta. Penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Ethiopia di Benua Afrika sekitar 3.000 tahun lalu.

Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman yang paling populer di dunia dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia telah mampu memproduksi kopi lebih dari 400 ribu ton per tahun. Di samping rasa dan aroma kopi yang menarik, kopi memiliki banyak manfaat seperti dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, batu empedu dan berbagai penyakit jantung.

Tidak hanya itu, saat ini kopi juga sedang marak digunakan oleh berbagai salon kecantikan untuk lulur atau masker. Kandungan pada kopi dipercaya dapat memberikan kecantikan alami serta dapat merelaksasi tubuh. Dalam sebuah produk kecantikan, kopi sering kali digunakan sebagai bahan utama, seperti lulur, lotion atau masker. Namun masih jarang menggunakan kopi sebagai sampo atau bahan penumbuh rambut. Oleh sebab itu, bagi yang menyukai minum kopi sebaiknya ampas kopi yang diminum jangan dibuang. Pasalnya, ampas kopi dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Namun, ampas kopi yang baik untuk digunakan tentunya didapat dari kopi hitam asli, bukan kopi instan yang sudah dicampur dengan bahan lain.

Ampas Kopi
Menurut Dian Gianti Noor, herbalis, ampas kopi selain untuk mempercepat pertumbuhan rambut juga membuat rambut semakin berkilau. Perawatan rambut dengan menggunakan ampas kopi dapat merangsang folikel rambut untuk memaksimalkan kinerja pertumbuhan rambut. Dengan demikian rambut akan tumbuh lebih subur dan lebih cepat karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ampas kopi dijadikan masker rambut. Pemakaian ampas kopi sebagai masker rambut dapat digunakan sendiri dengan mudah. Ampas kopi untuk mempercepat pertumbuhan rambut dapat dibuat dengan cara pisahkan ampas kopi yang telah digunakan dari air. Lalu ampas kopi bisa dicampurkan dengan krim untuk creambath. Namun jika tidak mempunyai krim tersebut cukup dengan menggunakan ampas kopi saja.

Jika jenis rambut berminyak, campurkan ampas kopi dengan jeruk nipis. Namun, jika jenis rambut kering sebaiknya ditambahkan dengan minyak zaitun. Pemakaiannya, gunakan ampas kopi sebelum keramas dengan cara mengusapkan ampas kopi pada kepala secara merata. Setelah itu diamkan selama 10-15 menit agar ampas kopi dapat meresap hingga kulit kepala. Setelah itu, barulah bilas rambut dengan keramas.

Untuk mempercepat pertumbuhan rambut. rambut tebat dan berkilau, masker ampas kopi dapat digunakan seminggu 1-2 kali, sesuai kebutuhan atau kondisi rambut setiap orang. Pertumbuhan rambut akan terlihat dengan pemakaian ampas kopi secara rutin. Namun setiap orang tidak akan mendapatkan hasil yang sama, karena hasil yang diperoleh tergantung pada usia pemakai dan genetik atau jenis rambut.

Hasil dari pemakaian ampas kopi akan sangat memuaskan. Namun untuk rambut dan kulit kepala yang sehat dengan tiga kali pemakaian akan tampak hasilnya, yakni rambut akan terlihat lebih berkilau dan tumbuh lebih cepat. Bahkan jika ampas kopi digunakan pada rambut balita, maka biasanya rambut akan lebih cepat tumbuh.

Selain untuk pertumbuhan rambut, ampas kopi juga bermanfaat sebagai bahan alami penghitam rambut. Kopi dapat memberikan efek mengkilap pada rambut dengan warna hitam yang pekat sehingga rambut lebih tampak sehat untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Untuk memberikan warna pada rambut, terlebih dahulu kopi diseduh dengan air biasa, yang tidak dingin dan tidak panas. Selanjutnya gunakan air kopi tersebut untuk merendam rambut beberapa saat sebelum rambut dikeramas. Selain itu kopi dapat dicampurkan pada krim pewarna rambut yang berwarna gelap untuk memberikan efek penguat warna rambut.

Untuk Kulit
Tidak hanya rambut, kopi juga bermanfaat untuk kulit. Di antaranya kopi dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Ampas kopi yang selalu terbuang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ampas kopi yang selalu terbuang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Ampas kopi digunakan sebagai scrub alami kulit. Perawatan ampas kopi secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih halus dan bebas dari sel-sel kulit mati. Selain itu ampas kopi juga dapat mengurangi selulit pada tubuh. Caranya ampas kopi digosokkan pada daerah yang terkena selulit secara rutin hingga selulit memudar dan hilang.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, kopi juga bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker secara bertahap. Selain itu kafein mampu menurunkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin. Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu untuk mencegah serangan penyakit jantung.

Namun, pada beberapa kasus konsumsi kopi akan membuat tubuh tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi. Pada bidang olahraga, kopi banyak dikonsumsi oleh para atleit, karena senyawa aktif dalam kopi mampu meningkatkan metabolisme energi, terutama untuk memecahkan gula cadangan dalam tubuh. Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya antioksidan dalam kopi mampu membantu tubuh menangkal efek perusakan oleh senyawa radikal bebas seperti kanker. 

0 Response to "Ampas Kopi Jadikan Rambut Lebat Dan Berkilau"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.